Drainase Ringin Tirto Dibuat Aliran Baru

drainase ringin tirto dibuat aliran baru

Ruas Jalan Ditutup Sementara
PURWOKERTO – Ruas Jalan Ringin Tirto, Bancarkembar, Kecamatan Purwokerto Utara ditutup sementara waktu. Penutupan ini dikarenakan adanya proyek perbaikan drainase pada jalan yang menghubungkan HR Boenyamin dengan Karangkobar tersebut.

“Sementara Jalan Ringin Tirto dari arah barat dan timur ditutup, seharusnya Selasa besok (hari ini, red) sepeda motor sudah dapat melintas. Tapi ternyata siang ini hujan, jadi pekerjaan tidak dapat dilembur,” kata Kasi Drainase Lingkungan dan Air Limbah, Bidang Penyehatan Lingkungan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Banyumas, Syaihun.

drainase ringin tirto dibuat aliran baru

Dia mengatakan, meski Jalan Ringin Tirto ditutup baru beberapa hari lalu, namun sebenarnya pengerjaan drainase sudah berlangsung sejak tanggl 17 November 2017. DPU menargetkan di akhir bulan Desember pengerjaan tersebut sudah selesai sehingga lalulintas dan genangan air di wilayah Bancarkembar kembali normal.

“Akhir bulan ini selesai, dengan begitu tidak ada lagi genangan seperti yang ada terjadi lagi. Sebab kami perlebar, dan kami buat alur aliran baru,” jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pembangunan drainase tidak hanya dilakukan di pertigaan Jl Ringin Tirto saja, namun juga darinase di pemukiman setempat. Termasuk drainase di tepi Jalan Ringin Tirto ke arah timur.

“Kami buat alur baru, air dari timur dan pemukiman diarakan ke barat terlebih dahulu, ke arah pertigaan Jl Karangkobar. Kemudian saluran yang ada kami perlebar dan perdalam, mengalirkan air ke selatan di Jl Karangkobar,” kata dia.

Adapun panjang drainase yang sedang dikerjakan, kata dia, menuju arah timur panjangnya 88 meter, di persimpangan Jalan Ringin Tirto panjangnya 28 meter dan di pemukiman setempat panjangnya kurang lebih 100 meter.

“Sebelumnya drainase yang ada itu kecil, lebar 30 centimeter tingginya 40 centimeter. Kami perbesar jadi lebar 40 centimeter dan tingginya 70 centimeter,” ujar dia.

Setelah perbaikan drainase di Jl Ringin Tirto, selanjutnya DPU juga akan memperbaiki drainase di Jalan Karangkobar. Meskipun sudah cukup besar, namun karena mendapat limpahan air baru dari arah timur Jalan Ringin Tirto, maka drainase di Jalan Karangkobar pun harus diperbesar. (why)

Sumber: