Drama Roy Suryo: Ngaku Sakit, Muncul di Klub Mercy hingga Ditahan Polisi

Jakarta

Kasus Roy Suryo posting meme stupa Candi Borobudur berbuntut panjang. Setelah ditetapkan sebagai tersangka, Roy Suryo resmi ditahan polisi.

Roy Suryo ditahan untuk 20 hari ke depan di Rutan Polda Metro Jaya. Roy Suryo dijerat pasal penistaan agama hingga ujaran kebencian karena postingannya tersebut.

Bukan hanya postingannya yang mengundang kontroversi. Pengakuan dirinya sakit namun kemudian muncul di acara klub Mercy juga mengundang kritikan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Berikut perjalanan kasus Roy Suryo terkait postingan meme stupa Candi Borobudur hingga ditahan polisi:

roy suryo telah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka kasus postingan meme stupa candi borobudur. hampir 10 jam roy suryo diperiksa.Roy Suryo keluar pakai kursi roda setelah diperiksa perdana sebagai tersangka (Pradita Utama/detikcom)

Roy Suryo Mengaku Sakit hingga Tak Ditahan Polisi

Roy Suryo mengaku sedang sakit ketika diperiksa sebagai tersangka di Polda Metro Jaya. Pertama kali diperiksa sebagai tersangka pada Jumat (22/7) malam, Roy Suryo keluar dari ruang pemeriksaan dengan bantuan kursi roda.

Roy Suryo disebut drop hingga muntah-muntah dan sempat pingsan selama menjalani pemeriksaan, sehingga pulang dengan bantuan kursi roda.

Kuasa hukum Roy Suryo lainnya, Elza Syarief, mengatakan kondisi kliennya sedang ngedrop. Menurut Elza Syarief, Roy Suryo belakangan tidak bisa tidur lantaran kepikiran statusnya sebagai tersangka.

“Saya dengar dari istrinya dia itu tiga hari mungkin mikir dia jadi tersangka ya, saya nggak tahu pikirannya apa ya. Pokoknya tiga hari nggak bisa tidur. Terus saya hibur-hibur dia, ajak makan segala macam, tapi kayaknya kurang nafsu,” kata Elza saat dihubungi detikcom, Sabtu (23/7).

Pemeriksaan malam itu disetop karena kondisi Roy Suryo yang ngedrop. Menurut Elza Syarief, malam itu Roy Suryo baru ditanyai delapan pertanyaan, belum ke pokok materi.

roy suryo selesai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka kasus meme stupa di polda metro jaya, kamis (28/7/2022).Roy Suryo terlihat memakai penyangga leher setelah menjalani pemeriksaan kedua sebagai tersangka pada Kamis (28/7/2022).(Yogi Ernes/detikcom)

Setelah dinyatakan kondisinya membaik, Roy Suryo menjalani pemeriksaan lanjutan sebagai tersangka di Polda Metro Jaya pada Kamis (28/7). Setelah pemeriksaan sekitar 9,5 jam, Roy Suryo kali ini meninggalkan ruang pemeriksaan dengan penyangga di leher.

Sambil mengeluarkan gestur meminta maaf, Roy Suryo berlalu ketika dicecar pertanyaan oleh awak media. Roy Suryo lalu masuk ke mobil pribadinya dan meninggalkan Polda Metro Jaya.

Pengacara Roy Suryo, Pitra Romadoni, mengatakan kliennya memerlukan waktu untuk istirahat terlebih dahulu.

“Mohon maaf ya. Pak Roy perlu istirahat dulu. Mohon doanya,” jelas Pitra.

Simak di halaman selanjutnya: Roy Suryo muncul di acara klub Mercy

Simak Video: Kilas Balik Roy Suryo Hingga Ditahan karena Meme Stupa Borobudur

[Gambas:Video 20detik]