Dua Kereta Api Tetap Beroperasi Saat Larangan Mudik 6-17 Mei 2021, Daop 5: Layani Penumpang Keperluan Mendesak

dua kereta api tetap beroperasi saat larangan mudik 6-17 mei 2021, daop 5: layani penumpang keperluan mendesak

kereta api purwokerto stasiun kereta api khusus radar banyumas
PENUMPANG : Calon penumpang menunggu KA berhenti di Stasiun Purwokerto, Senin (3/5). Selama larangan mudik 6-17 Mei 2021, masih ada dua KA yang siap beroperasi. DIMAS PRABOWO/RADAR BANYUMAS

PURWOKERTO – Dalam pencegahan mudik pada 6-17 Mei mendatang, Pemerintah tetap akan memberangkatkan armada khusus. Armada ini tetap akan dioperasionalkan namun tidak untuk mengangkut pemudik. Seperti halnya kereta dan bus.
https://sibnews.info/pt-kai-tak-jual-tiket-6-17-mei-tiket-ka-jarak-jauh-hanya-sampai-5-mei-2021/

Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Ayep Hanapi mengatakan, masih ada kereta yang dioperasionalkan selama larangan mudik.

“Ada dua kereta dari Daop 5. Dua KA jarak jauh itu adalah KA Serayu relasi Purwokerto-Kiaracondong-Pasarsenen PP dan KA Kutojaya Selatan relasi Kutoarjo-Kiaracondong PP,” katanya.

Namun, selain dua kereta tadi, masih ada beberapa KA yang melintasi wilayah daop 5 Purwokerto. Seperti KA Gajayana, KA Bima, KA Argo Lawu, KA Bengawan, dan KA Pasundan.

Namun Ia dengan tegas mengatakan jika KA yang dioperasionalkan tersebut tidak ditujukan bagi pemudik. Melainkan untuk melayani penumpang dengan keperluan mendesak. Seperti dalam pekerjaan atau perjalanan dinas, kunjungan kepada keluarga yang sakit, kunjungan duka terhadap anggota keluarga meninggal, ibu hamil yang didampingi satu orang anggota keluarga, dan kepentingan persalinan yang didampingi maksimal dua orang.

Itupun dengan persyaratan khusus. Seperti surat tugas dari instansi/perusahaan atau surat pengantar dari desa/kelurahan. Juga surat bebas Covid yang berlaku 1×24 jam. Pun ketika penumpang tersebut sampai di Stasiun, akan menjalani pemeriksaan oleh petugas. (mhd)

Sumber: