Duh, Puluhan Ribu Rumah Tangga di Banyumas Belum Miliki ID PLN

duh, puluhan ribu rumah tangga di banyumas belum miliki id pln

listrikILUSTRASI : Puluhan ribu rumah tangga miskin di Banyumas tak miliki ID PLN yang mana belum teraliri oleh arus listrik secara mandiri

PURWOKERTO – Sebanyak 67.805 rumah tangga miskin di Banyumas tak mempunyai ID PLN atau belum teraliri oleh arus listrik secara mandiri.

Hal tersebut diungkap berdasarkan data yang dimiliki oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermades) Banyumas.

Lili Mudjianto, selaku Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Pembangunan Fakir Miskin Dinsospermades Banyumas, mengungkap, “Alhamdulillah, kita dari Dinsospermades memiliki data itu dari hasil Rekapitulasi Basis Data Terpadu (BDT). Di mana, dalam BDT itu form-nya antara lain tidak menggunakan listrik dan menggunakan listrik,” Rabu (29/1).

Baca juga : Jalan Licin, Truk Tabrak Tiang Listrik

Dirinya mengungkap, dari data yang dihimpun tersebut, dapat diketahui mana saja yang belum teraliri oleh arus listrik.

“Karena, data ini menjadi persyaratan kita untuk mengetahui ID listrik. Sehingga, kita mengetahuinya karena mereka tidak menyetor ID listrik. Berarti, belum memiliki listrik secara mandiri,” tambahnya.

Dalam kasusnya, Lili menjelaskan jika terdapat 1 rumah. Akan tetapi, di dalam 1 rumah tersebut bisa ada 2 atau 3 Kartu Keluarga.

Baca juga : Korsleting Listrik, Atap Rumah Terbakar

“Itu mungkin kasusnya ada yang 1 rumah. Tetapi, di dalam 1 rumah itu ada 2 atau 3 Kartu Keluarga. Atau, ada juga yang nyambung 1, tetapi 2 atau 3 Kartu Keluarga. Karena, untuk tindakan lebih lanjutnya terkait subsidi listrik secara detailnya benar apa tidak. Kita belum mendapatkan surat resmi, dari pihak-pihak terkait. Karena, katanya mau ada subsidi listrik, tapi secara formal kita belum tahu arah ke mana dan sebagainya mau benar apa tidak adanya,” jelasnya. (win)

Sumber: