Elnusa Petrofin Raih Penghargaan di Bidang Human Resource

Jakarta

Anak usaha Elnusa Tbk, Elnusa Petrofin berhasil meraih penghargaan Indonesia Human Resource (HR) Excellence 2022 untuk kategori Learning & Development and Knowledge Management. Penghargaan tersebut diadakan oleh SWA Media.

Penghargaan ini diterima secara virtual oleh Direktur Administrasi & Keuangan PT Elnusa Petrofin, Hanny Retno Hapsari, kemarin. Indonesia HR Excellence Awarding 2022 adalah pentas pembuktian kesiapan organisasi SDM menghadapi era pasca COVID-19

Direktur Administrasi & Keuangan PT Elnusa Petrofin Hanny Retno Hapsari mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh SWA Media dan LMFEB UI tersebut. Menurutnya, capaian tersebut tak hanya sekedar penghargaan, tapi juga ada proses bertumbuh dan belajar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Terutama dari saat pembuatan materi untuk di submit. Disitu kami merasa ada proses mentoring kepada tim HR. Mengelaborasi soft skill tim HR, dimana goals dari proses ini untuk menjadi sebuah culture knowledge bagi seluruh Perwira dan Pertiwi Elnusa Petrofin,” kata Hanny dalam keterangan tertulis, Kamis (28/7/2022).

Hanny menambahkan penghargaan ini merupakan apresiasi bagi seluruh karyawan, sekaligus menjadi motivasi bagi tim yang menjalankan fungsi Human Resources khususnya People Development di Elnusa Petrofin.

Penghargaan ini juga diharapkan semakin menambah semangat dalam berinovasi dan menciptakan program-program terbaik lainnya, serta menjadi sebuah further step agar seluruh Perwira Elnusa Petrofin melakukan Level up.

Elnusa Petrofin secara sistematis melakukan berbagai inovasi dan transformasi dalam hal pengelolaan SDM. Dengan jumlah 169 unit operasional yang tersebar di seluruh Indonesia, Elnusa Petrofin mengembangkan berbagai macam program seperti Korlap & HSE Academy, Integrated Storage Management Trainee.

Program ini pun dimonitoring secara berkala dengan berbagai macam tambahan upskilling dan training guna memenuhi perkembangan operasional di lingkungan PT Elnusa Petrofin.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi SWA Media Group Kemal Effendi Gani menjelaskan tujuan pelaksanaan Indonesia HR Excellence 2022 ini sebagai ajang bagi perusahaan untuk dapat mengukur kemajuan dan keberhasilan HR dalam pengelolaan SDM yang efektif demi kemajuan perusahaan.

“Selain itu, para peserta juga diharapkan dapat melihat secara umum perkembangan HR di kalangan perusahaan Indonesia yang dapat dijadikan benchmarking dan menumbuhkan motivasi untuk melakukan program-program HR yang inovatif,” tutur Kemal.

Kemal menambahkan ada dua agenda yang perlu diperhatikan oleh organisasi dan orang-orang HR. Pertama, bagaimana organisasi HR mampu mentransformasi diri agar tetap adaptif dengan perubahan paradigma maupun kebutuhan masyarakat.

Kedua, bagaimana organisasi HR mampu menciptakan cara-cara kerja baru (new ways of working) yang kreatif agar bisa meningkatkan produktivitas (productivity) dan ketangkasan (agility) karyawan.

Sebagai informasi, mengangkat tema ‘Reinventing HR Strategy & Roles to Accelerate Business Growth in Post Pandemic Times’ SWA Media yang berkolaborasi dengan Lembaga Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LMFEB UI) melakukan berbagai macam penyaringan dan penilaian.

Dalam menentukan pemenang, SWA Media Bersama LMFEB UI menentukan 37 finalis yang maju ke tahap presentasi kepada dewan juri yang merupakan pakar dalam bidang HR, hingga terpilih 22 perusahaan yang terdiri dari berbagai macam industri.

Selain Elnusa Petrofin, beberapa perusahaan juga mendapatkan penghargaan Indonesia HR Excellence 2022. Perusahaan tersebut, antara lain Tokopedia, DANA Indonesia, Flip, Amartha, Prudential, AXA Mandiri & AXA Indonesia, Pegadaian, Bank DBS Indonesia, Bank CIMB Niaga, Adira Finance, JDL Express Indonesia, Anteraja, Sinar Mas Mining, BAT Indonesia, Garuda Food, dan lainnya.

(prf/ega)