Empat Tahun Mangkrak, Lanjut Lagi

empat tahun mangkrak, lanjut lagi

foto aPembangunan Lapas Baru

PURWOKERTO – Setelah mangkrak selama empat tahun, akhirnya bangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Purwokerto hampir mencapai 100 persen. Bahkan rencananya, April mendatang penghuni lapas bakal pindah ke lapas baru yang ada di Jalan Pasukan Pelajar Iman Purwokerto.

Kasubag TU Lapas Klas IIA Purwokerto, Prajitno SPd SH mengatakan, lapas lama sudah over kapasitas. “Kita gerak cepat. Sekarang sedang disiapkan kantornya, lainnya sudah siap. Mudah-mudahan April nanti sudah bisa diresmikan bersamaan ulang tahun Permasyarakatan,” katanya.

Dikatakan Prajitno, pembangunan lapas baru sudah mangkrak selama empat tahun yakni dari 2011 sampai 2015. Baru pada tahun 2015 pembangunan dilanjutkan kembali. “Setelah mendapat kunjungan dari anggota DPR dan Dirjen Permasyarakatan, pembangunan diteruskan lagi,” katanya.

Menurutnya, lapas yang baru bisa menampung 485 narapidana. “Ada tiga blok dengan beberapa kamar. Misalkan tipe tujuh, maksudnya satu kamar berisi tujuh napi. Tapi kalau saya lihat, di bangunan yang baru bisa menampung dua kali lipatnya,” jelasnya.

Sedangkan di lapas lama, tuturnya, hanya ada dua blok dengan kapasitas 111. “Namun saat ini ditempati oleh 300 lebih narapidana,” ujarnya. (yga/sus)

Sumber: