Ferdy Sambo Akan Dipanggil Komnas HAM Jika Semua Pemeriksaan Selesai

Jakarta

Komnas HAM akan segera memeriksa Irjen Ferdy Sambo terkait tewasnya Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J. Irjen Ferdy Sambo akan dipanggil bila seluruh tahapan pemeriksaan telah selesai.

“Irjen Ferdy Sambo akan diperiksa kalau tahapan-tahapan semua bahan yang kita punya selesai,” kata Komisioner Komnas HAM Choirul Anam dalam jumpa pers di kantornya, Rabu (27/7/2022).

Komnas HAM telah memeriksa sejumlah bukti terkait tewasnya Brigadir J. Komnas HAM juga telah memintai keterangan ajudan-ajudan Irjen Ferdy Sambo, termasuk Bharada E, pria yang disebut menembak mati Brigadir J, pada Selasa (26/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Terbaru, Komnas HAM memeriksa CCTV dan ponsel yang berkaitan dengan tewasnya Brigadir J. Anam mengatakan jika semua tahapan telah selesai dilakukan, pihaknya akan memanggil Irjen Ferdy Sambo. Dia menyebut saat ini pihaknya akan menyimpulkan terlebih dahulu hasil dari pemeriksaan yang sudah dilakukan.

“Misalnya dalam konteks komunikasi terekam komunikasinya kayak apa dalam konteks keterangan yang lain, keterangannya kayak apa. Dalam CCTV terekam, nanti kaya apa prosesi CCTV-nya, baru itu semua kita ambil (kesimpulan) baru kita akan manggil Irjen Sambo,” katanya.

“CCTV kami sudah dapat ya kan, cuma kami butuh pendalaman beberapa pihak sehingga, dari CCtV terus ada komunikasi, terus nanti kelengkapan keterangan, baru akan manggil Irjen Sambo,” sambungnya.

Saat ini, Komnas HAM juga masih melakukan pemeriksaan digital. Isi HP Brigadir J hingga Irjen Ferdy Sambo serta rekaman CCTV diminta ditunjukkan kepada Komnas HAM.

Anam mengatakan pengambilan keterangan digital ini nantinya akan dilanjutkan minggu depan.

“Oleh karenanya, tadi kami sepakati mekanisme pengambilan keterangan digital dan siber ini kami akan lanjutkan minggu depan,” jelasnya.

Anam mengatakan masih ada 20% lagi yang dibutuhkan untuk memperkuat sisi terangnya peristiwa ini.

“Ya ini sekitar tinggal 20% lagi yang kami butuhkan untuk memperkuat sisi sisi terangnya peristiwa,” tuturnya.

Simak Video: Ini Jadwal Pemanggilan Irjen Ferdy Sambo ke Komnas HAM

[Gambas:Video 20detik]

(isa/zap)