Genjot Pariwisata, 4 Dermaga di Pesisir Sungai Serayu Siap Dibangun

genjot pariwisata, 4 dermaga di pesisir sungai serayu siap dibangun

dermaga di pesisir serayu4 dermaga di pesisir Sungai Serayu yang dipersiapkan sebagai destinasi tempat wisata baru di Banyumas segera di bangun

PURWOKERTOBanyumas akan mempunyai destinasi wisata baru di daerah selatan. Di tahun 2020 ini, sebanyak 4 dermaga akan dibangun di sepanjang pesisir Sungai Serayu.

Bupati Banyumas, Ir. H. Achmad Husein, mengungkap, pengembangan wisata di Banyumas, Sungai Serayu mulai dilakukan di tahun ini.

“Dana yang digelontorkan dari APBN sebesar Rp 12 miliar,” ungkapnya.

Baca juga : Mengapa Festival Serayu Kembali Ditiadakan?

4 dermaga yang segera dibangun di sepanjang Sungai Serayu, berada di Desa Tambaknegara, Sokawera, Papringan, dan Srowot.

“Akan dibangun 4 dermaga, 1 river pass, dan pengadaan perahu wisata, serta patroli. Sehingga nanti, masyarakat bisa makan malam di atas perahu dan menyusuri Sungai Serayu. Untuk konsepnya, seperti wisata sungai di Bangkok,” tambahnya.

Bupati Banyumas tersebut menjelaskan untuk tahun ini mulai dilakukan pembebasan tanah dan pembangunan dermaga yang akan dilakukan secara bertahap.

Baca juga : Pemkab Banyumas ‘Galakkan' Kereta Wisata di Sungai Serayu

Ditargetkan dalam 2 tahun, pembangunan wisata Sungai Serayu selesai. Sementara itu, anggaran yang dialokasikan sebesar Rp 2,5 miliar.

Rute yang akan dilalui mulai dari Bendung Gerak Serayu (BGS) di Desa Tambaknegara hingga ke Desa Srowot. Panjang rute tersebut diperkirakan lebih dari 10 kilometer. (mhd)

Sumber: