Gerindra-PKB Deklarasi Koalisi Hari Ini, Prabowo-Cak Imin Akan Teken Piagam

Jakarta

PKB dan Gerindra akan menggelar deklarasi koalisi dan penandatanganan piagam kerja sama untuk Pilpres 2024 di Sentul, Bogor, Jawa Barat, hari ini. Deklarasi akan dilakukan setelah Gerindra menggelar rapat pimpinan nasional (Rapimnas).

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan deklarasi akan dilakukan di Sentul International Convention Center (SICC). Di lokasi yang sama adalah tempat Gerindra menggelar Rapimpas.

“Rencananya di tempat yang sama akan digelar acara penandatangan piagam kerja sama PKB dan Gerindra, yang akan dihadiri Mas Bowo dan Gus Muhaimin beserta seluruh pendukungnya,” kata Jazilul kepada wartawan, Jumat (12/8/2022) malam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Jazilul mengatakan deklarasi koalisi tidak berbarengan dengan Rapimnas Gerindra. Jazilul mengatakan PKB juga tak hadir dalam Rapimnas Gerindra karena itu acara internal partai.

“Tidak, PKB tidak hadir pada acara Rapimnas Partai Gerindra, itu acara internal,” kata dia.

Jazilul mengatakan deklarasi koalisi dan penandatanganan piagam kerja sama akan dilakukan pukul 09.00 WIB. Dia menyebut piagam akan ditandatangani oleh masing-masing Ketum Partai, Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

“Jam 09.00 pagi di Sentul. Itu rencananya (akan diteken Prabowo-Cak Imin),” tuturnya.

Gerindra diketahui menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) di Sentul Jumat (12/8) kemarin dan hari ini. Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan deklarasi koalisi dengan PKB akan menjadi agenda utama hari ini.

“Insyaallah besok acara utama adalah acara deklarasi antara Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa untuk meneken piagam deklarasi kedua partai,” ujarnya.

Terkait program koalisi ke depannya, Wakil Ketua DPR ini menuturkan bakal membicarakannya dengan parpol lain di koalisi. Termasuk cara pemenangan koalisi di Pilpres 2024.

“Jadi begini, kalau bicara program, karena ini nantinya koalisi tentunya program akan dibicarakan oleh kedua belah pihak, tentang tata cara pemenangan, dan lain-lain,” ujarnya.

(lir/mae)