Gerindra Tak Merasa Disindir PDIP soal Parpol Maju Kontestasi Kecepetan

Jakarta

Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyindir ada partai politik maju kontestasi pemilu 2024 terlalu cepat. Gerindra tidak merasa kena sindir.

“Kami tidak merasa kami yang dimaksud karena tentunya kita masing-masing paham mekanisme di partai masing-masing. Kami juga kemudian mengambil langkah ini, karena itu juga hasil konsolidasi internal partai kami,” kata Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan, Kamis (28/7/2022).

Dasco pun tidak mengetahui partai mana yang dimaksud Hasto. Dasco lantas mengungkit pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang sudah terbentuk lebih dulu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Saya belum tahu yang dimaksud siapa, tapi kan sudah ada KIB duluan,” ujarnya.

Dasco mengatakan Gerindra memiliki mekanisme tersendiri terkait pengusungan capres. Menurutnya, Gerindra telah lebih dulu menyerap dukungan dari internal untuk mendeklarasikan Ketua Umum Prabowo Subianto maju capres 2024.

“Kalau Gerindra ya kita kan punya mekanisme di partai masing-masing. Kami dalam rangka menyambut dukungan dari internal di daerah, tentunya sesuai mekanisme kami akan mendeklarasikan capres dari partai kami,” ujarnya.

Wakil Ketua DPR ini menekankan tak ada salahnya hal itu dilakukan lantaran didasari mekanisme yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik. “Dan tidak ada salahnya kemudian mengikuti juga sesuai mekanisme undang-undang partai politik dalam hal pengusungan capres dan cawapres. Dengan persentase jumlah kursi atau suara tentunya kami akan berusaha melengkapi,” lanjutnya.

Simak selengkapnya di halaman berikut