GMPN Serahkan Ambulan Untuk Desa Siaga

gmpn serahkan ambulan untuk desa siaga

gmpn serahkan ambulan untuk desa siaga
Gerakan Membangun Peradaban Nusantara (GMPN) menyerahkan satu unit mobil ambulan desa siaga

PURWOKERTO- Gerakan Membangun Peradaban Nusantara (GMPN) menyerahkan satu unit mobil ambulan desa siaga GMPN kepada masyarakat Desa Sambeng Kulon, Jumat (16/11). Penyerahan tersebut menjadi salah satu rangkaian acara pengukuhan pengurus GMPN cabang Banyumas masa bakti 2018-2023.

Ketua umum GMPN Putro Pinandito Satrio Nuswantoro menuturkan, GMPN mempunyai visi untuk membawa bangsa Indonesia lebih maju dan berkembang lagi. Untuk di Banyumas, GMPN baru ada di Sambeng Kulon. Pemilihan Sambeng Kulon karena merupakan tanah kelahirannya.

“Sebelum bermanfaat bagi daerah lain, saya ingin memajukan tanah kelahiran terlebih dahulu. Selain pengukuhan, juga kami lakukan santunan kepada yang membutuhkan dalam bentuk pemberian sembako, ” katanya.

Dia menambahkan pemberian bantuan unit ambulan dirasa sangat tepat guna. Nantinya bantuan tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat Desa Sambeng Kulon secara cuma-cuma.

“Karena ambulans bisa berlaku langsung untuk kegiatan sosial GMPN. Kecamatan Kembaran baru satu, nanti juga kami akan tabur benih ikan sebagai wujud pelestarian lingkungan,” imbuhnya.

Lebih lanjut lagi, GMPN juga akan membantu mengembangkan sosial ekonomi masyarakat. Pengembangan dilakukan sesuai dengan potensi dan sumber daya yang ada.

“Untuk Desa Sambeng Kulon akan kita kembangkan ekonomi kerakyatan dan kewirausahan. Akan kita bantu secara modal maupun pendampingan sampai benar-benar berhasil, ” terangnya.

Gerakan yang berdiri 28 Oktober 2015 ini mempunyai empat pilar gerakan pembangunan GMPN. Pihaknya juga mempunyai wadah bagi generasi muda untuk berekspresi dan melakukan kegiatan positif.

“Membangun moralitas, sosial ekonomi, budaya, serta nilai-nilai kebangsaan adalah empat pilar pembangunan kami. Terkait budaya akan menjadi salah satu fokus utama yaitu mengenalkan kembali budaya asli daerah pada generasi muda,”katanya.

Sementara itu, Chasanudin, Ketua Panitia Acara Pengukuhan Pengurus GMPN cabang Banyumas mengungkapkan acara dihadiri lintas lapisan masyarakat. Turut pula hadir kepala desa dan camat Kembaran serta jajaran danramil juga wakapolsek Kembaran.

“Yang hadir sekitar 400an. Alhamdulillah hari ini tidak hujan jadi banyak yang datang, ” pungkasnya. (ADV/aam)

Sumber: