Habib Bahar Diminta Siapkan ‘Saringan’ Sebelum Beri Wejangan

Jakarta

Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Bandung memberi wejangan kepada Habib Bahar bin Smith yang tak lama lagi akan bebas dari penjara. Habib Bahar bin Smith sendiri divonis ringan atas kasus penyebaran berita bohong saat ceramah Maulid Nabi di Bandung, Jawa Barat.

Habib Bahar divonis 6 bulan 15 hari bui atas kasus tersebut. Vonis ini lebih rendah dari tuntutan jaksa yakni 5 tahun penjara.

“Mengadili, menjatuhkan pidana penjara kepada Terdakwa HB Assyaid Bahar bin Ali bin Smith dengan pidana penjara selama 6 bulan 15 hari,” kata majelis hakim yang diketuai oleh Dodong Rusdani di PN Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, seperti dilansir detikJabar, Selasa (16/8/2022).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Hakim membacakan hal yang meringankan dan memberatkan Habib Bahar dalam kasus tersebut. Hal yang meringankan adalah selama persidangan Habib Bahar bersikap sopan.

“Adapun yang meringankan bahwa Terdakwa bersikap sopan, berterus terang, punya tanggungan keluarga,” ucap hakim.

Namun, di samping itu, hakim juga menyatakan ada hal memberatkan dari Habib Bahar. Menurut dia, Bahar pernah ditahan dalam perkara lain yakni kasus penganiayaan dua remaja dan seorang sopir taksi online.

“Bahwa habib pernah dihukum,” ujar dia.

Nasihat Hakim untuk Habib Bahar

Majelis hakim menjatuhkan vonis 6 bulan kepada Habib Bahar atas kasus penyebaran berita bohong. Hakim memberi nasihat kepada Bahar setelah menjatuhkan vonis.

“Mudah-mudahan dengan yang diucapkan ini, ya sebagai peringatan bahwa di dalam menjalankan tausiah harus lebih teringat lagi apa yang bisa jadi persoalan,” ucap ketua majelis hakim Dodong Rusdani setelah membacakan vonis di PN Bandung.

Simak juga video ‘Alasan Habib Bahar bin Smith Divonis 6 Bulan Bui':

[Gambas:Video 20detik]

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya: