Haduh! Citayam Fashion Week di Dukuh Atas Makin Ramai, Lalin Macet

Jakarta

Fenomena ‘Citayam Fashion Week' di Dukuh Atas, Jakarta Pusat, kini menjadi tren dan membuat zebra cross menjadi catwalk dadakan. Sabtu sore ini, pengunjung semakin ramai hingga menimbulkan kemacetan.

Pantauan detikcom di lokasi, Sabtu (23/7/2022) sekitar pukul 16.15 WIB, fashion show di zebra cross itu tetap berjalan. Terlihat para pengunjung tetap antusias meski diguyur hujan.

Lalu, pada pukul 16.52 WIB, zebra cross tampak disekat oleh petugas menggunakan traffic cone. Hal itu lantaran adanya kemacetan kendaraan yang cukup panjang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

kemacetan di citayam fashion week (dok. detikcom)Kemacetan di Citayam Fashion Week (dok. detikcom)

Meski ditutup, pengunjung tetap berfoto-foto di catwalk zebra cross. Sementara itu, arus lalu lintas terlihat menjadi macet.

Selanjutnya, pada pukul 17.11 WIB, traffic cone kembali dibuka bersamaan dengan hujan yang telah berhenti. Terlihat para pengunjung langsung kembali melakukan fashion show di zebra cross tersebut.

Pengunjung terlihat berhamburan ke tengah jalan. Hal ini semakin membuat lalu lintas mengalami kemacetan.

Para petugas di lokasi terlihat berusaha mengimbau pengunjung tetap berada di trotoar. Barier yang telah dipasang pun tidak dapat menahan pengunjung.

“Ayo kasih jalan, kasih jalan, semuanya mundur,” kata salah satu petugas.

Anies: Tak Ada Larangan Catwalk di Zebra Cross

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan belum ada larangan catwalk Citayam Fashion Week di zebra cross kawasan Dukuh Atas. Dia menegaskan belum ada surat yang mengatur soal kegiatan yang dikenal dengan nama Citayam Fashion Week itu.

“Selama belum ada surat, berarti belum ada ketentuan,” kata Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (22/7/2022).

Anies mengatakan pihaknya tidak pernah menerbitkan regulasi yang memuat larangan menggunakan zebra cross untuk adu fashion. Dia mengatakan selama regulasi belum terbit, tidak ada larangan untuk aktivitas tersebut.

“Kalau ada surat keputusannya, berarti itu suatu ketetapan, kalau tidak ada surat keputusannya, maka itu bukan ketentuan. Bagaimana bisa ditegakkan di lapangan kalau tidak ada surat ketentuan,” jelasnya.

“Selama tidak ada regulasinya, tidak ada larangan,” sambungnya.

Simak Video ‘Jokowi soal Citayam Fashion Week: Itu Kreatif, Kenapa Harus Dilarang?':

[Gambas:Video 20detik]

(azh/jbr)