Harga Sembako Naik, Sayuran Stabil

harga sembako naik, sayuran stabil

Purwokerto- Harga sembako di beberapa kios di pasar manis meningkat. Hal itu dikarenakan stok yang berkurang dari distributor akibat cuaca.

Suparti salah satu penjual sembako di Pasar Manis yang ditemui Rabu (22/11) kemarin mengatakan kenaikan tersebut meliputi harga beras, bawang merah dan putih, dan cabai. Kenaikan beras mencapai Rp 1500, yang awalnya Rp 9.000 menjadi Rp.10.500. Sedangkan cabai meningkat Rp 2.000 dari harga Rp 10.000 menjadi Rp 12.000. Dan harga bawang merah dan bawang putih naik Rp 2.000 dari Rp 26.000 menjadi Rp 28.000.

harga sembako naik sayuran stabil pasar manisPasar Manis

“Semoga harga sembako dapat kembali normal, agar pembeli dapat kembali ramai,” katanya.

Sedangkan di beberapa kios lainnya di pasar yang lama, pantauan Radar Banyumas, tidak ada kenaikan harga yang signifikan. Harga sembako di beberapa kios tetap dan stabil. Selain itu, harga sayur mayur juga tetap stabil.

Menurut Mugi salah satu penjual sayur, harga sayur tidak terpengaruh dengan kenaikan pertamax. Ia mengatakan penurunan atau kenaikan harga sayur hanya dipengaruhi oleh hasil panen petani.

“Hasil panen petani sangat dipengaruhi oleh cuaca dan banyak sedikitnya mempengaruhi harga sayur di pasar,” katanya.

Dikatakan dia, apabila musim hujan mengakibatkan banjir di ladang dan berkurangnya hasil panen maka itulah yang mempengaruhi harga sayur di pasaran. Begitu pula di musim kemarau ketika petani sulit untuk mengairi ladang. (ing/ttg)

Sumber: