Harganas ke-29, Bupati Husein: Penyelesaian Stunting Harus Dari Akarnya

sibnews.info, Banyumas – Bupati Banyumas Achmad Husein, didampingi Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Erna Husein menghadiri peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Tingkat Kabupaten Banyumas yang diadakan di GOR Satria Purwokerto, Minggu (24/7/2022).

Peringatan Harganas ke 29 ini mengusung tema “Ayo Cegah Stunting, Agar Keluarga Bebas Stunting”.

Dalam sambutannya, Bupati Achmad Husein mengatakan bahwa jika membicarakan terkait pencegahan stunting jangan hanya sekadar latah tetapi tidak tau hakikat dan langkah-langkahnya tidak tepat.

“Dalam pemberantasan stunting, kita harus memiliki dasar pemikiran betapa pentingnya stunting ini harus dihilangkan. Dengan target Tahun 2045 Indonesia Emas, kita harus siapkan generasi yang sehat, kuat, cerdas, tangkas, cepat dan dapat bersaing di era globalisasi,” katanya.

Bupati juga menbahkan ada 5000 kasus stunting di Kabupaten Banyumas, terdiri dari Balita sejumlah 2000 kasus dan diatas Balita sejumlah 3000 kasus. Hal ini bersifat tentatif, dan harus segera diselesaikan dari akar, sebab dan filosofisnya, yaitu pola asuh berkualitas dan pola hidup bersih dan sehat yang diselesaikan secara berkepanjangan dan terus menerus.

“Ibarat pohon, kalau akarnya kena dan diobati, maka akan tumbuh subur. Tetapi kalau kita mengobati daunnya saja, maka daunnya akan sembuh sedangkan akarnya tidak sembuh, sehingga akan muncul daun-daun baru yang stunting. Oleh sebab itu, akar inilah yang sangat penting diselesaikan,” tambahnya.

Bupati Husein menghimbau kepada seluruh asisten dan jajaran OPD, untuk segera menyelesaikan permasalahan stunting dengan cara mengidentifikasi 5000 kasus ini satu persatu, didata nama, alamat, sebab serta apa yang diperlukan untuk bebas dari stunting.

Turut hadir dalam acara, Ketua DPRD Banyumas, Budhi Setiawan, yang dalam sambutannya mengatakan pentingnya 1000 hari pertama kehidupan anak mulai dari dalam kandungan hingga berusia kurang lebih 2 tahun.

“Saya titip kepada generasi muda dalam mencegah stunting harus siap untuk 1000 hari pertama kehidupan anak dengan memenuhi gizi yang seimbang serta perawatan yang baik. Hindari pernikahan dini agar ibu sudah siap secara fisik saat memiliki anak,” pesan Ketua DPRD

Dalam acara tersebut juga dilakukan launching DASHAT (Dapur Sehat Antisipasi Stunting) yang dipimpin oleh Bupati dan Ketua DPRD Banyumas.

 

(sumber Humas Pemkab Banyumas/editor F13)