Hari Anak Nasional Jatuh pada Tanggal 23 Juli, Cek Temanya!

Jakarta

Hari Anak Nasional jatuh pada tanggal berapa menjadi pertanyaan yang banyak dicari. Hal itu karena mungkin masih banyak masyarakat yang mengetahui betul kapan Hari Anak Nasional diperingati.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar Hari Anak Nasional jatuh pada tanggal berapa, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Hari Anak Nasional? Sejarah Hari Anak Nasional

Sebelum menjawab pertanyaan Hari Anak Nasional jatuh pada tanggal berapa, perlu diketahui lebih dulu tentang apa itu Hari Anak Nasional. Hari Anak Nasional adalah suatu hari yang diperingati sebagai bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sejarah Hari Anak Nasional bermula dari adanya usulan akan Hari Anak Nasional yang dengan disahkannya Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak. Undang-undang itu disahkan pada 23 Juli 1979.

Pada tahun 1984, Presiden Soeharto memprakarsai Hari Anak Nasional untuk ditetapkan sebagai salah satu hari penting nasional. Kala itu, Soeharto menilai anak-anak merupakan aset kemajuan bangsa sehingga perlu diberi peringatan.

Hari Anak Nasional Jatuh pada Tanggal berapa? Tanggal 23 Juli 2022

Untuk mengetahui Hari Anak Nasional jatuh pada tanggal berapa dapat mengacu pada Keputusan Presiden Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984. Dalam Keppres No 44 Tahun 1984 itu dinyatakan bahwa Hari Anak Nasional jatuh pada tanggal 23 Juli.

Hingga kini, Hari Anak Nasional diperingati pada tanggal 23 Juli setiap tahunnya. Peringatan Hari Anak Nasional setiap tanggal 23 Juli terus diselenggarakan untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara yang ramah anak.

hari anak nasional jatuh pada tanggal berapa? setiap 23 juliLogo HAN 2022, Hari Anak Nasional Jatuh pada Tanggal Berapa? Setiap 23 Juli Foto: https://www.kemenpppa.go.id/

Tema Hari Anak Nasional 2022

Hari Anak Nasional jatuh pada tanggal berapa sudah diketahui, selanjutnya membahas seputar tema perayaan Hari Anak Nasional 2022. Kegiatan Hari Anak Nasional diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (Kemenpppa RI).

Dilansir dari laman resmi Kemenpppa RI, tema Hari Anak Nasional 2022 adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”. Berikut pemaparan tema dan subtema Hari Anak Nasional (HAN) 2022 menurut buku pedoman HAN 2022:

  • Tema Hari Anak Nasional 2022: “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”
  • Subtema Hari Anak Nasional 2022:
    – Peduli Pasca Pandemi Covid-19
    – Anak Tanggung Pasca Pandemi Covid-19
    – Anak Tangguh, Indonesia Lestari
  • Tagline Hari Anak Nasional 2022:
    – #PeduliPascaPandemiCOVID19
    – #AnakTangguhPascaPandemiCOVID19,
    – #AnakTangguhIndonesiaLestari

Kegiatan Hari Anak Nasional 2022

Pelaksanaan Hari Anak Nasional jatuh pada tanggal 23 Juli 2022 kali ini masih dalam keadaan pandemi, namun berbagai kegiatan tetap dilaksanakan. Berikut ini rangkaian agenda kegiatan acara Hari Anak Nasional 2022.

  • Webinar tentang ‘Pemenuhan Hak Anak’.
  • Challenge Video Pendek Hari Anak Nasional Tahun 2022: “Suarakan HakMU Stop Perkawinan Anak”.
  • Lomba Penulisan Artikel dengan tema “Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak 0-3 Tahun”.
  • Bakti Sosial: Pelaksanaan pemeriksaan skrining mata anak SD di seluruh provinsi oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).
  • Kegiatan Publikasi acara Hari Anak Nasional 2022.
  • Kegiatan Partisipasi Anak dalam rangka Hari Anak Nasional 2022.
  • Acara puncak Hari Anak Nasional 2022 secara hybrid dilakukan di ruang terbuka (outdoor) dengan jumlah peserta terbatas di Taman Teijsmann Kebun Raya Bogor, pada Sabtu 23 Juli 2022 pukul 09.00-10.30 WIB.

Demikian, informasi seputar Hari Anak Nasional jatuh pada tanggal 23 Juli. Serta informasi sejarah, tema, hingga kegiatan peringatan Hari Anak Nasional 2022. Semoga bermanfaat.

(wia/imk)