Hari Istimewa untuk Anak Berkebutuhan Khusus

hari istimewa untuk anak berkebutuhan khusus

Happy Time di Rita Supermall
Purwokerto-Hari istimewa untuk anak istimewa diadakan di Rita Super Mall Purwokerto. Acara yang dilaksanakan Selasa (31/10) kemarin diikuti pelajar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) se-Barlingmascakeb dan mulai pukul 09.00 hingga 18.00 WIB.

Markus Kristianto selaku penasihat acara yang juga merupakan seorang disabilitas mengatakan, kegiatan tersebut didasarkan atas kepedulian terhadap ABK yang memiliki batasan dalam bermain. ABK sangat jarang memiliki kesempatan untuk bermain di luar sekolah ataupun di luar rumah. Sehingga, dengan diadakannya acara ini, ABK mendapatkan kesempatan dan pengalaman baru dalam bermain serta dapat mengenal dan akrab dengan dunia luar.

hari istimewa untuk abk
HAPPY TIME : Anak-anak berkebutuhan khusus di wilayah eks karisidenan Banyumas bermain gembira di wahana permainan Happy Time yang berada di lantai 3 Rita Supermall Purwokerto (31/10). DIMAS PRABOWO/RADAR BANYUMAS

“Saya berharap acara yang sama dapat dilaksanakan di berbagai daerah di seluruh Nusantara,” kata Markus.

Dengan demikian, setiap ABK di seluruh penjuru nusantara memiliki kesempatan dan pengalaman yang sama sebagaimana ABK di wilayah Banyumas dan sekitarnya.

Markus menambahkan, tujuan diadakannya untuk mengedukasi masyarakat dan ABK agar mereka saling tahu. Masyarakat juga diharapkan terbiasa dengan kehadiran ABK di lingkungannya. Selain itu, dapat membuka kesempatan kerja bagi ABK di berbagai bidang, penerima kerja diharapkan mau menerima ABK sebagai karyawannya dengan melihat kemampuan yang dimiliki ABK tersebut untuk menghindari kemungkinan ABK menjadi gelandangan.

Dia mengatakan, pemerintah diharapkan memberi fasilitas ABK dan lebih memperhatikan keberadaan ABK.

Baginya, bermain adalah bagian yang ditekankan dalam acara tersebut. Jumlah peserta yang lebih dari 1.300 ABK ini di jadwal kedatangannya. Peserta yang datang dikumpulkan di lantai satu untuk mengikuti acara hiburan. Di sini ABK dibebaskan untuk tampil di panggung. Ada ABK yang menyanyi ada pula yang menari. Selain penampilan dari ABK, panitia menampilkan hiburan seperti membacakan cerita dan memberi kuis. Bagi ABK yang berani tampil dan menjawab kuis akan mendapatkan hadiah berupa coklat. Selanjutnya peserta naik ke lantai atas menuju Happy Time. Mereka diberi waktu kurang lebih satu jam untuk memainkan berbagai macam permainan di sini.

Setelah selesai, maka bergantian dengan kelompok atau jadwal selanjutnya dengan susunan acara yang sama.

Orang tua ABK pun sangat mengapresiasi acara tersebut. mereka senang karena anak-anak dapat bermain dengan bebas dan bahagia. “Saya senang karena anak saya dapat refreshing dan bermain,” kata Yuli orang tua dari Razar salah satu peserta. Selain Yuli, Etty Ibu dari Resti ABK tuna rungu yang menjadi salah satu peserta dalam acara tersebut berharap agar acara ini dijadikan acara rutin.

Acara hari istimewa untuk anak istimewa ini dilaksanakan dalam rangka pembukaan tempat bermain Happy Time di Rita Supermall. Sebelumnya acara yang sama sudah pernah dilaksanakan di berbagai kota di Pulau Jawa. Awalnya acara tersebut diadakan dalam rangka peringatan hari anak Internasional, seiring berjalannya waktu owner Happy Time, Andi menilai perlu diadakan acara yang sama di berbagai daerah untuk memberikan kesempatan kepada ABK.

“Hidup ini akan indah jika kita mengindahkan hidup orang lain,” tutup Markus Kristianto. (ing/ttg)

Sumber: