Hary Tanoe Tepis Isu Perindo Gabung KIB: Kami Koalisi Indonesia untuk Semua

Jakarta

Partai Persatuan Indonesia (Perindo) disebut akan bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digagas oleh Golkar, PAN dan PPP. Partai Perindo menepis kabar tersebut.

“Saya luruskan KIS bukan KIB, Koalisi Indonesia Untuk Semua. Berdialog berdiskusi dengan semua partai,” kata Ketua Umum DPP Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo di MNC Center, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (6/8/2022).

“KIS, Koalisi Indonesia Untuk Semua, jadi semua diajak dialog diajak diskusi,” imbuhnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Hary Tanoe mengatakan partainya bakal berdialog dengan semua partai bukan hanya KIB. Dia menyebut di antaranya dengan Partai Demokrat hingga PDIP.

“Artinya ya bicara sama semua, bukan sama KIB saja, bicara sama Gerindra, bicara sama PDIP, bicara sama PKS pun, sama Demokrat juga, sama PKB semuanya tanpa kecuali,” tuturnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan soal arah koalisi Partai Perindo dirinya tidak memberikan penjelasan lebih rinci. Dia menyebut hal itu menunggu konsolidasi yang nantinya dilakukan Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo yang baru saja dilantik yaitu Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi.

“Terlalu jauh, biar beliau (TGB) nanti turun dulu, konsolidasi dulu,” ucapnya.

Sebelumnya, Partai Perindo mendaftarkan diri sebagai calon peserta Pemilu 2024 ke KPU RI. Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo menargetkan partainya mendapat 60 kursi DPR RI pada Pemilu 2024.

“Jadi target Partai Perindo tahun 2024 memperoleh kursi DPR RI minimal 60 kursi jadi sudah double digit jadi baikan single digit di atas 10%,” kata Hary Tanoesoedibjo di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin (1/8).

Sementara itu, Hary Tanoe belum memutuskan Perindo akan berkoalisi dengan partai apa di 2024 nanti. Sebab, kata dia, hal tersebut masih terlalu dini untuk dibahas.

“Kalau koalisi terlalu pagi dibahas sekarang kita lewati itu. Koalisi non parlemen beda lagi itu kan dalam rangka keterkaitan dengan pencapresan semuanya masih berproses,” kata dia.

Saat disinggung apa akan bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), Hary justru melontarkan wacana nama koalisi lain yakni Koalisi Indonesia Semua (KIS). Hary mengatakan pihaknya sudah berkomunikasi dengan partai politik lain

“Semua dijajaki. Tadi kan saya katakan KIS Koalisi Indonesia Semua, jadi artinya semua dijajaki. Semua kita ajak bicara, tentunya masih terlalu jauh untuk dibicarakan sekarang kan pemilu masih jauh,” ujarnya.

(maa/maa)