Hasto PDIP Maknai Lukisan Jokowi Pegang Pistol Bentuk Ketegasan

Jakarta

Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto membuka pameran lukisan bertema ‘Freedom and Harmony’ di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat. Dalam pameran tersebut, dipajang sejumlah lukisan tokoh pejuang Indonesia.

Salah satu lukisan yang terlihat adalah gambar Presiden Joko Widodo (Jokowi) memegang pistol berwarna hitam. Lukisan tersebut berlatar berwarna biru. Hasto menilai lukisan tersebut melukiskan sebuah ketegasan dari Presiden Jokowi.

“Ya artinya ketegasan dari Pak Jokowi. Ini dalam pandangan saya itu diperlukan dan sangat penting di dalam menjaga ketertiban sosial, menegakan hukum,” kata Hasto di Hotel Grand Cempaka, Jakpus, Selasa (23/8/2022).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Jadi bukan pistol adalah pengertian untuk bertindak otoriter tapi sebagai bentuk simbolisasi dari mana para seniman mengekspresikan sosok presiden itu sebagai sosok yang tegas, sosok yang membangun tertib sosial melalui penegakan hukum itu,” sambungnya.

Pistol di tangan Jokowi itu diharapkan sebagai harapan terhadap pemimpin yang tegas. Dia juga mengumpamakan arti lukisan tersebut dalam filosofi wayang ‘Hasto Broto’.

“Dan itu kalau dalam filosofi wayang Hasto Broto itu kan juga ada kalau seorang pemimpin itu kan juga bisa bertindak sebagai api dengan ketegasannya untuk membereskan segala hal yang tidak baik di dalam masyarakat,” jelas Hasto.

“Ya ini sebagai contoh dari para seniman berimajinasi tentang kemerdekaan Indonesia, tentang harapan kita merdeka, tentang berbagai peristiwa-peristiwa sejarah yang ditayangkan dalam lukisan tentang keindahan Nusantara itu merupakan hal yang baik maka kami datang,” ucapnya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Saksikan Video ‘APBN-APBD Dipakai Beli Barang Impor, Jokowi: Bodoh Banget Kita!’:

[Gambas:Video 20detik]