Hentikan, Taat Aturan Dan Ikuti Aspirasi Warga

hentikan, taat aturan dan ikuti aspirasi warga

hl mhd pertemuan warga dan dpu 1
Dialog DPU dengan warga yang buntu beberapa hari lalu. DOK/RADARMAS

PURWOKERTO – Komisi B DPRD meminta Dinas Pekerjaan Umum (DPU) menghentikan pengerjaan meluaskan sungai yang mengitari komplek perumahan Permata Hijau (PH). Mereka juga menegur DPU agar taat pada hasil Musrembang serta taat pada sasaran proyek yang menyatakan Rehabilitasi Jembatan Kabupaten untuk perbaikan Jembatan Kali Gombong Jalan Ringintirto RT 05 RW 07 seperti yang tercantum dalam plang pengerjaan.

“Aspirasi warga setempat kan sudah disepakati, jadi hasil musrembang. Itu yang dikerjakan harus dikerjakan. Wajar jika diprotes warga, karena pelaksanaanya justru berbeda. Dihentikan, kembali ke seharusnya yang dikerjakan,” kata Bambang Puji, Ketua Komisi B DPRD Banyumas kemarin (23/10)

Menurutnya, usulan perbaikan jembatan dan normalisasi sudah diusulkan melalui musrenbang kelurahan sebagai penanganan banjir. Sebab wilayah di belakang Perumahan Permata Hijau itu langganan banjir luapan sungai. Saat hujan deras, air sungai meluap menggenang Jalan Ringin Tirto dan membanjiri rumah-rumah sekitar sungai.

Baca:

Proyek Sepi Pekerja, Warga Datangi Kejaksaan

Pindah Lokasi Proyek, DPU dan Warga Tak Temui Kesepakatan

Jalur Merah di Google Maps Bisa Lebih Panjang

Adapun terkait dalih DPU melakukan perluasan sungai dan penguatan tebing yang mengitari perumahan Permata Hijau, dilakukan karena banjir terjadi akibat penyempitan sungai. Menurutnya tidal tepat, ia meminta DPU mengikuti saran warga dan tidak melanggar peraturan keluar dari sasaran proyek.

“Warga yang tinggal disitu yang lebih tahu. Logikanya pembanguan untuk mereka, yang dikerjakan kok tidak tepat ya buat apa dilanjutkan. Warga kan juga sudah bilang percuma sungai diperlebar kalau gorong gorong (diatas jembatan) sebelum sungai tetap sempit,” kata dia.

Ia menambahkan, usulan perbaikan jembatan dan normalisasi sudah diusulkan melalui musrenbang kelurahan sebagai penanganan banjir. Seperti diketahui wilayah di belakang Perumahan Permata Hijau itu langganan banjir luapan sungai. Saat hujan deras, air sungai meluap menggenang Jalan Ringin Tirto dan membanjiri rumah-rumah sekitar sungai.(hkm/mhd)

Sumber: