HUT RI, Megawati Cerita Penanganan BLBI hingga Lunasi Utang ke IMF

Jakarta

Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri memberikan testimoni di peringatan HUT ke-77 RI. Megawati mengatakan Indonesia mempunyai kekuatan besar dalam menangani krisis.

“Rakyat Indonesia, bangsa Indonesia itu mempunyai sebuah kekuatan yang luar biasa, karena harus kita ingat pada masa saya itu ke Indonesia ikut terdampak dengan krisis global, masalah ekonomi, keuangan, kita juga mengalami suatu dampaknya yang cukup berat,” kata Megawati dalam video di akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (17/8/2022).

Megawati lantas menceritakan penanganan kasus BLBI di masa kepemimpinannya. Dia mengapresiasi masyarakat yang turut serta dalam menangani krisis sehingga bisa lebih cepat teratasi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Sehingga di dalam masalah persoalan itu kita ingat ada yang namanya BLBI yang pada waktu dari sejak Wapres sampai ke Presiden itu termasuk harus saya tangani dengan serius,” ujar Megawati.

Selain itu, Megawati mencontohkan pelunasan utang ke IMF. Dia mengatakan pelunasan utang itu harus terus dilanjutkan.

“Sebagai sebuah contoh bahwa kita bisa melunasi dengan baik utang-utang kita melalui IMF. Itu adalah sebuah kekuatan yang harus terus dipelihara,” ujar Megawati.

Megawati mengatakan kekuatan bangsa itu harus terus diwariskan ke generasi mendatang. Jika tidak dilanjutkan, kata Megawati, bangsa Indonesia tidak akan kuat lagi.

“Karena bukan sebuah hal yang gampang, kita tahu dari sejarah bangsa kita, kita ini merdeka bukan karena diberi, tetapi karena semangat juang untuk mau merdeka, yang sekarang karena sudah merdeka,” ujar Megawati.

Megawati juga menyinggung pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia saat ini. Menurut Megawati, Indonesia bisa melalui krisis itu berkat kekuatan bersama seluruh elemen masyarakat.

“Kita juga dari sisi ekonomi praktis kalau menurut saya semuanya dapat diatasi dan berjalan dengan baik. Itulah nilai-nilai yang seperti tadi saya katakan, kita ini pejuang,” imbuh dia.

Simak video ‘Megawati Dukung Ratu Kalinyamat dan dr. Soeharto Jadi Pahlawan Nasional':

[Gambas:Video 20detik]

(knv/zap)