India Pecat 3 Perwira Gegara Tak Sengaja Tembakkan Rudal ke Pakistan

New Delhi

Angkatan Udara India memecat tiga perwira militernya terkait rudal jelajah yang secara tidak sengaja ditembakkan ke wilayah Pakistan. Pemecatan ini diumumkan setelah penyelidikan selama berbulan-bulan oleh New Delhi.

Seperti dilansir AFP, Rabu (24/8/2022), rudal supersonik jenis darat-ke-darat BrahMos, yang tidak dilengkapi senjata, secara tidak sengaja diluncurkan dari pangkalan militer rahasia di wilayah India bagian utara pada awal Maret lalu.

Rudal itu mendarat kira-kira 125 kilometer di dalam wilayah Pakistan, tanpa memicu korban maupun kerusakan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Angkatan Udara India dalam pernyataannya menyebut penyelidikan terhadap insiden itu mendapati tiga perwira bersalah karena melanggar prosedur operasional standar yang menyebabkan kecelakaan itu.

“Tiga perwira ini utamanya bertanggung jawab atas insiden itu. Mereka telah diberhentikan dari tugas oleh Pemerintah Pusat dengan segera,” demikian pernyataan Angkatan Udara India.

Islamabad telah mengatakan bahwa ‘objek terbang supersonik’ mengudara setinggi 40.000 kaki dari India telah melanggar wilayah udara Pakistan dan menghantam wilayah sipil tak berpenghuni pada 9 Maret lalu.

New Delhi dengan segera mengakui ada kesalahan, yang disebut Islamabad telah membahayakan pesawat sipil. Otoritas Pakistan juga melayangkan protes diplomatik terhadap India.