Ini Alasan Icha BigBike Minta Moge Diberi Fasilitas Akses Jalan Tol

Jakarta

Icha BigBike, salah satu anggota klub motor Harley, viral di media sosial karena meminta agar moge diberi akses masuk jalan tol. Icha mengungkapkan sejumlah alasan permintaannya itu.

“Namanya moge motornya pasti gede dan berat. Saya bisa ngebayangin bagaimana kendarain moge di jalanan umum contohnya kita bahas masalah kecepatan motor 400 cc ke atas pasti nggak bisa pelan dan bunyi knalpotnya berisik dan pengendara lain akan merasa terganggu karena suara knalpotnya yang berisik,” kata Icha saat dihubungi, Rabu (24/8/2022).

Icha mengaku pihaknya turut mempertimbangkan kenyamanan pengendara lain perihal usulan moge berkendara di ruas jalan tol. Dia menyebut keberadaan moge di jalanan umum terkadang bisa berbahaya ketika melintas bersama pengendara lainnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Karena memang cc-nya besar, jalannya nggak bisa pelan yang memungkinkan banyak risiko di depan. Misalnya ada orang nyeberang mendadak karena moge ini berat dan besar maka akan menjadi risiko kalau direm secara mendadak,” tutur Icha.

Icha mengatakan pengendara moge berkendara di jalan tol bukan hal baru di sejumlah negara. Dia berharap usulan pihaknya bisa ditindaklanjuti oleh pemerintah dan aparat kepolisian.

“Harusnya disambut positif oleh pemerintah karena beberapa negara sudah menerapkan itu membolehkan moge masuk jalan tol. Karena itu juga perlu bagi keamanan dan kenyamanan pengguna jalan,” katanya.

Pernah Diaudiensi di DPR

Selain itu, Icha mengaku usulan pihaknya juga tidak datang secara tiba-tiba. Dia menyebut pada periode 2018-2019 pihaknya telah melakukan audiensi dengan kepolisian dan pemerintah perihal wacana moge berkendara di jalan tol.

“Jadi dulu pernah mau di-acc. Terus ada suatu bencana kalau nggak salah dan punya kita jadi redup. Jadi pemerintah lagi fokus ke situ dan nggak dilanjutin. Sekitar 2018-2019 ya sudah sampai ke pemerintahanlah ke DPR, tapi karena ada bencana jadi punya kita di-pending dulu,” tutur Icha.

Icha pun membantah usulan terkait keistimewaan yang diinginkan oleh pengendara moge. Dia mengaku turut memperhatikan kepentingan pengendara lain dalam usulan moge berkendara di ruas jalan tol.

“Dari komen netizen banyak yang protes ide masukan moge yang masuk ke jalan tol. Ada komen-komen yang menyebut pemilik-pemilik moge ini orang kaya yang arogan. Padahal menurut saya itu usulan yang mengedepankan keselamatan dan keamanan bagi semua pengguna jalan,” pungkas Icha.

(ygs/mea)