Ini Alasan Pemkot Jakut Bikin Speed Bump ‘Menyaru’ Zebra Cross

Jakarta

Keberadaan speed bump yang dicat menyerupai zebra cross di Danau Sunter, Jakarta Utara, malah bikin celaka. Speed bump itu kini telah dibongkar.

“Sekarang sudah dibongkar,” kata Kasudin Bina Marga Jakarta Utara Ilham Raya saat dihubungi, Kamis (25/8/2022).

Ilham belum memerinci sejak kapan speed bump itu dibangun. Namun ia menyebut speed bump itu telah dibongkar hari ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Hari ini sudah ada yang dibongkar,” katanya.

Ilham menyebut speed bump tersebut awalnya dibangun untuk mengantisipasi balap liar. Tapi Ilham tidak menjelaskan mengapa speed bump itu dicat hitam-putih hingga menyerupai zebra cross.

“Awal tujuannya adalah untuk pengaman balap liar, usulan bersama hasil rapat di Wali Kota,” terang Ilham.

Bikin Pemotor Berjatuhan

Keberadaan speed bump bercat zebra cross itu dianggap merugikan pengendara jalan. Pasalnya, banyak pemotor yang terjatuh di lokasi.

Speed bump di Danau Sunter itu pun viral di media sosial. Dalam video viral itu memperlihatkan satu pengendara motor yang tergeletak di pinggir jalan setelah terjatuh saat melintasi speed bump di lokasi.

Dari video viral itu memang memperlihatkan kondisi speed bump yang dicat dengan warna hitam dan putih. Secara kasatmata speed bump di lokasi memang mirip dengan zebra cross.

Keberadaan speed bump yang mirip zebra cross ini membuat pengendara motor yang melintas diduga tertipu. Para pemotor itu tidak mengurangi laju kendaraannya karena mengira yang ada di depan mereka merupakan zebra cross, bukan polisi tidur atau speed bump.

“Bahaya banget. Sumpah. Bikin orang jatuh semua, udah banyak yang jatuh. Itu bahaya banget. Sumpah,” kata perekam video seperti dilihat, Kamis (25/8/2022).

Tonton juga Video: Nekat Nyeberang di Jalur Ramai, Pesepeda Ontel Dihantam Pemotor

[Gambas:Video 20detik]

(mea/fjp)