Ini Fungsi Zebra Cross Sebenarnya, Kini Dipakai Citayam Fashion Week

Jakarta

Fungsi zebra cross yang sebenarnya perlu diketahui betul oleh masyarakat. Kini marak aksi catwalk Citayam Fashion Week di zebra cross yang ada di kawasan Dukuh Atas.

Maraknya aksi catwalk Citayam Fashion Week di zebra cross Dukuh Atas itu sering kali membuat ramai lalu lintas dan menimbulkan ketidaktertiban. Oleh karena itu, perlu diketahui apa fungsi zebra cross sebenarnya agar tidak disalahgunakan agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban lalu lintas.

Lantas, apa fungsi zebra cross sebenarnya? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Apa Itu Zebra Cross? Ini Arti Zebra Cross

Sebelum membahas soal fungsi zebra cross, perlu diketahui terlebih dahulu apa itu zebra cross. Zebra cross juga disebut zebra crossing. Untuk mengetahui pengertian zebra cross atau zebra crossing dapat merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Zebra crossing atau zebra cross adalah tempat penyeberangan di jalan yang ditandai dengan garis hitam putih di jalan. Zebra crossing artinya penyeberangan pejalan. Penyeberangan pejalan adalah lajur dengan tanda setrip putih pada jalan tempat pejalan kaki menyeberang jalan.

ilustrasi pejalan kaki menyebrang jalan di area zebra cross | fungsi zebra crossIlustrasi pejalan kaki menyebrang jalan di area zebra cross | Fungsi Zebra Cross Foto: detikcom/Dikhy Sasra

Fungsi zebra cross adalah sebagai tempat penyeberangan para pejalan kaki. Zebra cross dibuat melintang di tengah jalan. Zebra cross digunakan untuk memberitahu pengendara kendaraan bermotor bahwa ada jalur bagi pejalan kaki untuk menyeberang. Sebagaimana yang dilansir dari laman resmi Dinas Perhubungan Kabupaten Kulon Progo.

Menurut Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 34 Tahun 2014 tentang Marka Jalan, garis utuh yang membujur tersusun melintang jalur lalu lintas atau zebra cross adalah marka untuk menyatakan tempat penyeberangan bagi pejalan kaki.

Zebra Cross Dukuh Atas Ramai Buat Catwalk Citayam Fashion Week

Bersamaan dengan semakin maraknya fenomena Citayam Fashion Week, zebra cross di kawasan Dukuh Atas kini selalu ramai dipakai untuk aksi catwalk. Penggunaan zebra cross untuk catwalk ajang tak resmi Citayam Fashion Week itu menuai kritikan oleh pakar.

Hal itu karena penggunaan zebra cross yang tidak sesuai dengan fungsi zebra cross sebagaimana mestinya itu menyalahi undang-undang. Terutama saat keramaian di kawasan Dukuh Atas tersebut berdampak pada lalu lintas.

Ketua Presidium Indonesia Traffic Watch Edison Siahaan mengatakan bahwa tindakan menyalahi fungsi zebra cross itu termasuk melanggar hukum lalu lintas dan dapat dikenai pidana.

“Setiap orang yang melakukan perbuatan yang mengakibatkan gangguan pada fungsi jalan, rambu, marka jalan dan lain-lain dapat dipidana. Itu bunyi pasal 274 ayat 1, pasal 275 UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Maka perbuatan itu sudah mengganggu fungsi jalan, minimal ketertiban umum ya, harus dilarang dong. Jangan dibilang tidak ada larangan.” terang Edison Siahaan, dikutip Senin (25/7/2022).

Wagub DKI Cari Alternatif Tempat Aksi CFW Selain di Zebra Cross

Di sisi lain, Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria sedang mencari alternatif agar aksi Citayam Fashion Week dapat terus tersalurkan.

“Zebra cross itu digunakan untuk menyebrang, tidak boleh untuk kegiatan lain. Tentu kami akan coba cari tempat yang terbaik untuk anak-anak kalau ingin terus melaksanakan fashion week tersebut.” kata Ahmad Riza, dikutip Senin (25/7/2022).

Demikian penjelasan tentang fungsi zebra cross yang sebenarnya agar dapat digunakan sebagaimana mestinya. Harapannya aksi catwalk Citayam Fashion Week di zebra cross Dukuh Atas itu dapat segera ditertibkan.

(wia/imk)