Inovasi “Sumpah Beruang” Masuk Top 45 Sinovik 2022

sibnews.info, Banyumas – Inovasi Sulap Sampah Berubah Uang atau “Sumpah Beruang” yang diprakarsai langsung oleh Bupati Banyumas Achmad Husein “Sumpah Beruang” berhasil masuk Top 45 Kompetisi Sistem Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) Tahun 2022 yang digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB)

Pengumuman dilakukan oleh Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa secara virtual pada Kamis (28/7/2022). Dalam kesempatan tersebut Banyumas menggelar zoom bersama di Smart Room ‘’Graha Satria’’ yang dihadiri oleh kepala OPD dan tim inovasi Kabupaten Banyumas. Diah Natalisa menjelaskan bahwasannya penilaian top 45 KIPP merupakan penilaian lanjutan dari top 99 dengan beragam rangkain test, mulai dari presentasi, wawancara, verifikasi hingga observasi lapangan.

‘’Penilaian ini tentunya dilakukan secara independen dan akuntabel oleh tim evaluasi dan kanal independen tanpa intervensi dari pihak manapun,‘’ ujarnya.

Sumpah beruang merupakan Inovasi Bupati Banyumas Achmad Husein yang terinpisasi, dimana pada tahun 2018 sampah sempat menjadi masalah serius di Banyumas. Setelah warga memboikot tempat pembuangan akhir di Kaliori, Banyumas sempat mengalami darurat sampah. Sampah berceceran si tepian jalan.

Sebelumnya, inovasi “sumpah Beruang” ini lolos dalam penyelenggaraan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di lingkungan Kementerian/lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN dan BUMD Tahun 2022 dan masuk finalis top 99 Inovasi Pelayanan Publik. Setelah melaluli penilaian yang ketat, akhirnya berhasil masuk 45 besar.

Pada kunjungan lapangan, Bupati Banyumas Achmad Husein berhasil meyakinkan Tim Penilai Independen dan memaparkan betapa Inovasi Sumpah Beruang ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kabupaten Banyumas dalam rangka mengatasi sampah.

Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Banyumas menambahkan Inovasi Banyumas yang masuk Top 99 sebenarnya ada dua inovasi, yaitu Banyumas Calakan dan Sumpah Beruang. Namun yang berhasil masuk Top 45 inovasi Sumpah beruang.

“Keberhasilan ini mengulang sukses tahun-tahun sebelumnya karena inovasi Mitra Kurir Langit dan PSC 119 juga berhasil masuk Top 45. Hal ini kembali membuka peluang Pemkab Banyumas mendapat hadiah berupa Dana Alokasi Khusus bernilai milyaran rupiah,” kata Rintawati.

(sumber Humas Pemkab Banyumas/editor F13)