IPW Sorot Gaya Hidup Eks Karo Paminal, Ungkit Kode Etik Jauhi Hidup Mewah

Jakarta

Anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan menyinggung terhadap gaya hidup perwira tinggi Polri, termasuk eks Karo Paminal Brigjen Hendra Kurniawan. Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso bicara soal perbandingan gaya hidup perwira tinggi dengan gaji yang diterima.

“Gaya hidup mewah serta hedonis para perwira tinggi memang menjadi tontonan yang sehari-hari dilihat oleh masyarakat, mereka tidak merasa risi, tidak merasa perlu hati-hati dan tenggang rasa dengan situasi sosial yang ada, padahal gaji mereka sebagai perwira tinggi sudah sangat terukur, tidak lebih dari gaji pokoknya sekitar Rp 7 juta,” kata Sugeng saat dihubungi, Senin (22/8/2022).

Sugeng mengatakan para perwira tinggi Polri saat ini terkesan tidak peduli dengan kritik masyarakat. Atas dasar itu, kata dia, akhirnya timbul sorotan dari anggota Komisi III DPR terkait fenomena tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Akan tetapi memiliki kekayaan yang besar, mereka menjadi kebal, imun terhadap kritikan masyarakat. Karena itu pernyataan anggota DPR Arteria Dahlan ada benarnya. Jadi memang ini menjadi introspeksi,” ucapnya.

Lebih lanjut, Sugeng juga mengingatkan kode etik di institusi Polri terkait gaya hidup. Dia menyebut ada kode etik yang mengatur agar anggota kepolisian menjauhkan diri dari sikap hidup mewah.

“Dalam aturan kode etik dan disiplin sudah dicantumkan itu, menjauhkan sikap hidup mewah,” ujarnya.

Simak juga video ‘Ditanya soal ‘Kerajaan Sambo’, Ini Penjelasan Mahfud Md’:

[Gambas:Video 20detik]

Simak pernyataan Arteria Dahlan di halaman berikutnya.