Istana Respons Tingkat Kepuasan ke Jokowi Turun: Situasi Global Tak Baik

Jakarta

Istana merespons hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) tentang tingkat kepuasan terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menurun. Istana berbicara mengenai situasi perekonomian global yang sedang tidak baik.

“Kita mesti sampaikan juga kepada masyarakat bahwa kondisi perekonomian global saat ini, tidak baik-baik saja,” kata Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (25/7/2022).

Moeldoko lantas membeberkan terkait ranking negara yang menuju risiko ekonomi paling buruk. Dia bersyukur Indonesia masih di posisi aman.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Kita masih alhamdulillah pada ranking yang ke14 dari 15 itu. Kita pada risiko 3 persen. Dimulai dari Sri Lanka dan seterusnya,” ujar Moeldoko.

Moeldoko mengatakan kondisi ekonomi Indonesia masih relatif lebih baik dibandingkan dengan negara lain. Selain itu, inflasi relatif terkendali.

“Jadi saya ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa kondisi lingkungan global memang tidak sedang baik kondisinya. Dan kondisi ekonomi nasional kita relatif cukup baik karena pertumbuhan kita cukup tinggi dibandingkan negara-negara yang lain. Berikutnya inflasi kita juga relatif masih sangat baik dibandingkan dengan negara yang lain,” beber Moeldoko.

Moeldoko mengatakan tingkat kepuasan ke pemerintah menurun bisa jadi disebabkan oleh naiknya harga komoditas. Namun, kata dia, pemerintah telah berupaya menurunkan semua itu.

“Di antaranya harga minyak kemarin yang masih tidak stabil dan Alhamdulillah sekarang sudah menuju stabil. Itu pandangan dari kami bahwa kita juga harus melihat kondisi ekonomi global saat ini seperti apa,” imbuh Moeldoko.