Jadi Tersangka Meme Stupa Candi Borobudur, Begini Kondisi Roy Suryo

Jakarta

Meme stupa Candi Borobudur sempat viral di media sosial. Foto meme tersebut menunjukkan penampakan salah satu stupa di Candi Borobudur, Jawa Tengah, yang dibuat mirip dengan wajah Presiden Joko Widodo.

Diketahui, meme tersebut diunggah oleh Roy Suryo. Kini, Roy Suryo pun telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus tersebut. Berikut informasi selengkapnya.

Media sosial sempat dihebohkan oleh unggahan Twitter Roy Suryo @KMRTRoySuryo2. Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) tersebut memposting sebuah meme stupa Candi Borobudur yang diedit hingga menyerupai wajah Presiden RI Joko Widodo.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Roy Suryo sempat mengatakan ada akun yang terlebih dahulu mengunggah meme stupa tersebut. Bahkan Roy Suryo melaporkan akun tersebut kepada polisi.

Namun hal tersebut malah berujung Roy Suryo yang dilaporkan ke polisi atas penistaan agama.

meme stupa candi borobudur sempat viral di media sosial. meme tersebut menunjukkan salah satu stupa di candi borobudur yang dibuat mirip dengan wajah jokowi.Tersangka meme stupa Candi Borobudur, Roy Suryo (berbaju cokelat) duduk di kursi roda. (Yogi/detikcom)

Roy Suryo Dilaporkan ke Polisi

Atas kasus meme tersebut, organisasi Umat Buddha, Dharmapala Nusantara, melaporkan Roy ke Bareskrim Polri, Rabu (20/7/2022). Roy dilaporkan atas dugaan ujaran kebencian bermuatan SARA. Roy dianggap telah menghina Candi Borobudur, yang merupakan salah satu simbol agama Buddha.

“Iya benar, hari ini Laporan kami di Bareskrim Polri telah diterima,” kata Ketua DPP Dharmapala Nusantara, Kevin Wu, dikutip detikcom, Jumat (22/7/2022).

Setelah dilaporkan, Roy Suryo menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya. Roy Suryo pun kooperatif dan memenuhi panggilan polisi.

Polisi Tetapkan Roy Suryo Jadi Tersangka

Setelah dilakukan pemeriksaan, Roy Suryo ditetapkan menjadi tersangka karena postingan viral meme stupa Candi Borobudur. Roy Suryo dikenai pasal penistaan agama dan ujaran kebencian bernuansa SARA.

“Hari ini betul Polda Metro Jaya dalam hal ini Subdit Siber Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya saat ini sedang melakukan pemeriksaan terhadap Saudara Roy Suryo dengan status pemeriksaan sebagai tersangka,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan dikutip detikcom, Sabtu (23/7/2022).

Zulpan menjelaskan penetapan tersangka Roy Suryo berdasarkan laporan polisi yang dibuat Kurniawan Santoso dan Kevin Wu. Dari hasil penyelidikan terhadap kedua laporan tersebut, polisi kemudian meningkatkan status perkara ke tahap penyidikan.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan Video ‘Buntut Meme Stupa, Buat Roy Suryo Jadi Tersangka':

[Gambas:Video 20detik]