JakPro Ganti Konstruksi Pagar Pembatas Tribun JIS Roboh Pakai Full Beton

Jakarta

PT Jakarta Propertindo (JakPro) menjelaskan terkait perbaikan pagar pembatas tribun di Jakarta International Stadium (JIS) yang sempat roboh beberapa waktu lalu. JakPro telah membongkar dan memperkuat konstruksi dengan material beton.

“Apa yang menjadi pelajaran bagi kami di lapangan, kami sudah melakukan perkuatan-perkuatan, jadi semua railing yang di bawah kita ganti beton semua, kita bongkar, kita ganti full beton,” kata Project Director Jakarta International Stadium PT Jakpro, Iwan Takwin, saat rapat Komisi B DPRD DKI, Selasa (2/8/2022).

“Dan penambahan penguatan lebih lanjut, dicor, dan ada tulangannya dan kita tambah juga pengikat siku untuk nempel ke lantai dari tribunnya,” sambungnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Iwan menjelaskan JakPro telah melakukan pengecekan secara keseluruhan. Pengecekan dilakukan di setiap lantai JIS secara berulang.

“Jadi itu aksi teknis yang kami lakukan. Kemudian teknis yang lain kami melakukan pengecekan secara keseluruhan. Bukan cuma lantai 1, tapi lantai 2 dan 3 dan kita mengulangi pengecekan. Pengetesan beban kejut, jadi kita menggantungkan beban 100 meter dengan digantungkan mendadak kita lihat reaksinya seperti apa itu kita lakukan di lapangan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Iwan mengatakan JakPro akan berkolaborasi dengan para suporter yang menjadi penonton di JIS. Hal itu bertujuan agar para penonton bisa menjaga fasilitas yang ada di JIS.

“Kemudian aksi non-teknisnya adalah kami akan berkolaborasi bersinergi dengan para suporter tentunya berusaha mendekatkan diri jadi mereka nanti akan ada program mingguan di lapangan. Mereka bisa mengenal, kita akan sama-sama mengamankan fasilitas tersebut menyosialisasikan, belajar bersama bagaimana mengantisipasi reaksi-reaksi antusias seperti kemarin,” ujarnya.

Dia berharap nantinya ada suporter di setiap tribun JIS yang mengamankan jalannya pertandingan.

“Harapan kami nanti di setiap blok-blok tribun tersebut akan ada pihak Jakmania yang kita kolaborasikan mengamankan bagaimana upaya juga,” imbuh Iwan.

Sebagaimana diketahui, PT Jakarta Propertindo (JakPro) menyayangkan robohnya pagar pembatas tribun penonton di Jakarta International Stadium (JIS) saat launching beberapa waktu lalu. JakPro mengatakan pagar itu telah dibuat sesuai standar stadion internasional.

“Sangat disayangkan bahwa malam kejadian karena euphoria dan antusiasme yang sangat tinggi mengakibatkan fungsi pagar pembatas tidak digunakan sebagaimana mestinya, padahal pembuatan pagar penonton telah dibuat sedemikian rupa demi keselamatan bersama sebagaimana dipersyaratkan pada standar stadium kelas internasional,” kata VP Corporate Secretary JakPro, Nadia Diposanjoyo, dalam keterangan tertulis, Selasa (26/7/2022).

Nadia mengatakan pagar pembatas antara pemain dan penonton di bagian depan Tier 1 JIS terdiri dari dua, yakni railing sisi depan dan horizontal barrier. Dia mengatakan pagar pembatas berfungsi untuk memastikan penonton tetap berada di tribun dan tidak memasuki lapangan.

“Penggunaan dan penerapan horizontal barrier ini pun merupakan salah satu kriteria dari basic design hasil usulan dari konsultan perencana Buro Happold dan telah disetujui di TABG-AP (tim ahli bangunan gedung bidang arsitektur & perkotaan),” jelasnya.

Nadia menyebut antusiasme penonton semakin meningkat menjelang pertandingan persahabatan antara Persija dan klub asal Thailand. Seiring berjalannya waktu, katanya, hampir seluruh tribun Tier 1 penuh, bahkan melebihi kapasitas tempat duduk yang tersedia.

“Terlihat dari kamera pemantau bahwa beberapa penonton ada yang menaiki horizontal barrier memasang spanduk, duduk, dan lain-lain, di mana horizontal barrier dari kekuatan strukturnya maupun peruntukannya tidak didesain sebagai tempat untuk berpijak atau dinaiki atau diduduki atau sebagai akses ke lapangan maupun berpindah tribun,” ujarnya.

Kondisi itu berdampak pada beban tarik tambahan pada angkur kolom praktis yang menjadi tumpuan horizontal barrier tercabut (failed). Hal ini menyebabkan horizontal barrier beserta pagar pembatas penonton pada sisi utara roboh.

“Pertandingan kemarin jadi bahan berharga untuk evaluasi kita semua, Jakpro, Jakmania, Pemprov DKI, Persija, dan skema ticketing oleh Jaklingko,” ucapnya.

Nadia meminta seluruh pihak menjaga stadion dengan keteladanan. Menurutnya, imbauan itu sesuai dengan arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk membiasakan diri menjadi suporter teladan.

“Menjaga stadion dengan keteladanan memang membutuhkan upaya dan usaha yang cukup tinggi, namun dengan kerja sama untuk saling mengingatkan dari seluruh pihak ini sangat mungkin diterapkan,” ujarnya.

(nhd/idn)