Jasa Raharja Beri Santunan ke Ahli Waris Korban Laka Mobdin Bakamla

Jakarta

Direktur Operasional Jasa Raharja, Dewi Aryani Suzana menyerahkan santunan kepada ahli waris korban kecelakaan lalu lintas di Boyolali. Kecelakaan ini melibatkan mobil dinas Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI yang ditumpangi Eks Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI AL (Seskoal), Laksamana Muda (Purn) Herry Setianegara.

Pada Minggu (31/7), Dewi mengatakan seluruh korban kecelakaan terjamin Undang-Undang No. 34 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. Adapun pihaknya menyerahkan santunan meninggal dunia kepada masing-masing ahli waris korban yang sah sebesar Rp 50 juta, sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan RI No. 16 Tahun 2017.

“Sementara untuk korban luka, kami telah menerbitkan surat jaminan sebesar Rp 20 juta kepada rumah sakit tempat korban dirawat,” kata Dewi dalam keterangan tertulis, Selasa (2/8/2022).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sebagaimana diketahui, kecelakaan maut yang terjadi di ruas jalan Tol Solo-Semarang (arah Semarang ke Solo) pada Sabtu (30/7) pukul 06.50 WIB ini merupakan tabrakan antara mobil jenis Toyota Fortuner dengan truk tronton yang berjalan searah di depannya. Tepatnya di Desa Brajan, Kecamatan Mojosongo, Boyolali.

Terdapat dua penumpang dan satu pengemudi di mobil dinas Badan Keamanan Laut tersebut, antara lain Frigat Inggristianto Putro (pengemudi). Serta 2 penumpang yaitu Herry Setianegara yang duduk di samping pengemudi bersama istrinya, Rr Ken Respati yang duduk di kursi tengah.

Akibat kecelakaan tersebut, Frigat dan Herry Setianegara tewas. Sedangkan Ken Respati yang sebelumnya mengalami luka-luka meninggal di RS JIH Surakarta setelah menjalani perawatan.

Dewi mengungkap ketiga korban meninggal dunia berdomisili di Jakarta Selatan. Ia pun mengimbau agar masyarakat pengguna jalan raya senantiasa berhati-hati saat berkendara.

“Kami menyampaikan turut berduka cita atas musibah tersebut. Semoga keluarga korban diberikan ketabahan,” ungkap Dewi.

Sebagai informasi, Jasa Raharja sebagai BUMN bertugas memberikan perlindungan dasar kepada masyarakat korban kecelakaan lalu lintas. Dewi mengatakan pihaknya berkomitmen menghadirkan pelayanan prima sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang No. 33 dan 34 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang Umum dan Lalu Lintas Jalan, yang tidak lain merupakan salah satu bentuk kehadiran negara di tengah masyarakat yang membutuhkan.

(ncm/ega)