Jelang Puncak HBP ke 58, UPT Pemasyarakatan di Banyumas Ziarah Ke TMP Tanjung Nirwana

sibnews.info, Purwokerto – Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) akan di peringati insan Pemasyarakatan pada, Rabu 27 April mendatang.

Acara kegiatan Ziarah ke Makam Pahalawan dilakukan oleh Kepala UPT Pemasyarakatan se Eks Karesidenan Banyumas dan jajaran di Taman Makam Pahlawan (TMP) Tanjung Nirwana Purwokerto, Rabu (20/4/2022).

Ignatius Gunadi selaku Ketua Korwil UPT Pemasyarakatan Karesidenan Banyumas bertindak sebagai inspektur upacara, dan Komandan Upacara Dhimas Isdwiyono ,kepala seksi Bimbingan Napi/Anak didik dan kegiatan kerja pada Lapas Narkotika Purwokerto.

Sebagai Penghormatan kepada arwah pahlawan, mengheningkan cipta menjadi momentum yang sakral dalam menghargari jasa para pahlawan , khususnya tokoh Departemen Kehakiman (Kementerian Hukum dan HAM, sekarang) yang kemudian dilakukan pembacaan do’a.

Rangkaian kegiatan tabur bunga dimulai dengan Peletakan karangan bunga di pusaran makam para Pahlawan Bangsa.

Selanjutnya Ignasius mengawali tabur bunga di Pusaran Makam Alm. Soenardjo, diikuti oleh seluruh Kepala UPT Pemasyarakatan se eks Karesidenan Banyumas di lokasi area sisi selatan.

whatsapp image 2022 04 20 at 15.03.35

Untuk para Peserta upacara juga dari Perwakilan Pegawai Lapas Purwokerto , Lapas Narkotika Purwokerto, Rutan Banyumas, Bapas Purwokerto, Ruran Purbalingga, Rutan Banjarnegara, Rupbasan Purwokerto dan Rupbasan Purbalingga.

Juga terlihat nampak  Anggota Paguyuban Ibu-Ibu Pemasyarakatan (PIPAS),  Taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Calon Pegawai Negeri Sipil.

Setelah acara kegiatan, Ignatius menyampaikan harapannnya supaya bisa meneruskan pejuangan para pahlawan, mengisi kemerdekaan ini dengan kegiatan yang positif.

“Harapan selanjutnya adalah agar pemasyarakatan semakin Maju semakin PASTI  Melayani Masyarakat baik masyarakat luas maupun masyarakat kecil yang ada di lapas para WBP termasuk di dalamnya para keluarga,” tambahnya.

Kegiatan ziarah ke Taman Makam Pahlawan dan Tabur Bunga berjalan tertib dan tetap menjalankan protokol kesehatan. (F28)