Johan Budi ke Kapolri: Kapolda-Kapolres Nakal Jangan Dimutasi, Pidanakan!

Jakarta

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDIP, Johan Budi, meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menindak tegas jajarannya yang nakal main proyek. Johan Budi meminta agar kapolda hingga kapolres yang main proyek diproses pidana.

“Kalau ada kapolda nakal, kalau ada kapolres nakal, main proyek, meres, jangan dimutasi, Pak. Pidanakan,” kata Johan Budi dalam rapat Komisi III DPR bersama Kapolri, Rabu (24/8/2022).

Johan Budi mengatakan jenderal polisi bintang tiga polisi saat ini mempunyai kompetensi yang bagus. Menurut Johan Budi, Kapolri didukung oleh tim yang mempunyai komitmen dan integritas.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Bintang tiganya bagus-bagus saya lihat. Pak Dofiri yang humble, saya tahu betul. Pak Agung yang komitmen dan tegas dalam bersikap. Pak Agus ini juga tegas, paling tidak, tegas saya lihat di konferensi pers Pak Agus tegas. Kemudian ada Pak Anang yang sekarang sudah bintang tiga. Pak Gatot yang mendampingi Pak Kapolri. Pak Listyo, Bapak didukung oleh orang-orang yang punya komitmen, punya integritas, jadi jangan ragu-ragu,” ujar Johan Budi.

Selain itu, Johan Budi menjelaskan polisi di era reformasi merupakan lembaga yang sangat powerful. Johan Budi mengatakan banyak hal yang berkaitan masyarakat diurusi polisi.

“Sehingga seorang Kapolri tentu saja punya kekuasaan yang sangat besar. Karena dia mengemban institusi yang powerful, ada yang mengingatkan Pak Listyo Sigit bahwa power itu tends to corrupt. Apalagi kalau power-nya itu tidak diawasi. Buktinya ya ini, Kadiv Propam, polisinya polisi bagaimana kalau nggak ada yang mengawasi kalau Kadiv Propamnya itu,” ujar Johan Budi.

(knv/tor)