Jokowi Bicara Kasus Anak Dirantai Ortu hingga Pelecehan Seksual Mas Bechi

Bogor

Presiden Jokowi bicara mengenai kasus kekerasan yang melibatkan anak di Bekasi dan di Jombang. Jokowi meminta penegak hukum tegas menghadapi kasus kekerasan verbal ataupun fisik kepada anak.

“Sama saya kira perundungan, yang namanya penyiksaan fisik, yang namanya penyiksaan kekerasan secara verbal, kekerasan fisik saya kira semuanya. Jangan terjadi lagi. Dan ini sekali lagi tanggung jawab orang tua, tanggung jawab para pendidik, tanggung jawab sekolah, dan tanggung jawab masyarakat, kita semuanya,” ujar Jokowi ketika ditanya perihal kasus anak dirantai orang tua, Sabtu (23/7/2022).

Jokowi menjelaskan setiap kasus itu pasti akan diproses sesuai aturan. Dia juga mengatakan negara tidak tebang pilih dalam mengusut suatu kasus.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Ya semuanya diproses dengan aturan-aturan yang ada. Saya kira semuanya diproses, siapapun, siapapun. Tidak ada yang namanya kekerasan verbal, perundungan, nggak ada yang namanya kekerasan fisik, nggak ada yang namanya kekerasan seksual, semuanya. Karena aturannya itu memang tidak diperbolehkan dan itu ada pidananya,” ucap Jokowi ketika ditanya perihal ‘peran pemerintah pengusutan kasus kekerasan seksual di Jombang’.

Dia juga meminta penegak hukum tegas dalam mengusut kasus perundungan dan kekerasan. Hal ini bertujuan agar kasus serupa tidak lagi terulang.

“Saya kira penegakan hukum yang keras, penegakan hukum yang tegas, terhadap kegiatan-kegiatan yang seperti itu memang menjadi tanggung jawab kita semuanya untuk memagari agar tidak terjadi lagi, tapi memang bukan sesuatu yang gampang,” kata Jokowi.

Dia optimistis kasus perundungan dan kekerasan anak bisa hilang asalkan ditangani dengan benar secara bersama-sama.

“Tapi asalkan kita bersama-sama, masyarakat, guru, pendidik, orang tua, semuanya bekerja, saya kira akan sangat mengurangi,” imbuhnya.

Diketahui, di Bekasi ada seorang anak dirantai oleh orang tuanya. Temuan polisi, anak itu mengalami kurang gizi dan kelaparan.

Kemudian di Jombang, ada kasus pelecehan seksual yang melibatkan anak kiai Jombang, Moch Subchi Azal Tsani (MSAT) alias Mas Bechi (42). Bechi didakwa melakukan pencabulan dan pemerkosaan santriwati di Ponpes Shidiqqiyyah Ploso, Jombang.

Simak Video ‘Viral ABG Kaki Diikat Rantai-Minta Makan di Bekasi, Polisi Buka Suara’:

[Gambas:Video 20detik]

(zap/hri)