Jokowi Tutup ASEAN Para Games XI: Keterbatasan Bukan Halangan

Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menutup rangkaian ASEAN Para Games XI yang digelar di Surakarta. Jokowi menyebut keterbatasan dan kesulitan bukan halangan untuk menorehkan prestasi.

Penutupan ASEAN Para Games XI digelar di Stadion Manahan, Surakarta, Sabtu (6/8/2022). Turut hadir Ibu Negara Irian Jokowi, Menpora Zainudin Amali, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

“Indonesia sangat bangga menjadi tuan rumah ASEAN Para Games XI ini. Terima kasih atas partisipasi 1.248 atlet dari negara-negara Asean. Terima kasih telah memberi pesan bahwa keterbatasan dan kesulitan bukanlah halangan. Dengan komitmen dan kerja keras, disabilitas bisa mampu mencetak sejuta prestasi,” kata Jokowi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Jokowi mendukung seluruh upaya penyandang disabilitas untuk membuat prestasi. Selanjutnya, ASEAN Para Games akan digelar di Kamboja pada 2023.

“Solidaritas bangsa-bangsa Asean yang ditunjukkan oleh para atlet akan menjadi kekuatan besar bagi Asean dan bagi penyandang disabilitas. Kita mendukung terus inisiatif dari penyandang disabilitas, kita sukseskan ASEAN Para Games XII tahun depan di Kamboja,” ujar Jokowi.

Indonesia dipastikan menjadi juara umum ASEAN Para Games XI engan raihan 177 medali emas, 141 perak, dan 110 perunggu. Jokowi mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mensukseskan ASEAN Para Games XI

“Terima kasih kepada seluruh delegasi dari seluruh negara, terutama para atlet yang telah menunjukkan sporifitas persaudaraannya. Terima kasih kepada APSF Asean Para Sports Federation, kemudian International Sports Federation, kemudian NPC National Paralimpyc Committee, dan Komite Asean Para Games XI,” ucap Jokowi.

“Saya juga berterima kasih kepada Gubernur Jawa Tengah, Wali Kota Surakarta, masyarakat Kota Solo dan Solo Raya, yang telah menjadi tuan rumah yang sangat ramah,” imbuhnya.

(rfs/hri)