Jumlah Pihak Diamankan KPK dalam OTT Bupati Pemalang Jadi 34 Orang

Jakarta

KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo. KPK mengatakan pihak yang diamankan berjumlah 34 orang.

Jumlah yang ditangkap itu bertambah dari sebelumnya 23 orang. Pihak-pihak yang diamankan terdiri atas kepala dinas, Sekretaris Daerah, hingga kepala bidang di lingkungan Pemkab Pemalang.

“Sejauh ini jumlah yang diamankan ada 34 orang, yang terdiri atas Bupati, kepala dinas, Sekda, kabid, dan pejabat lain di lingkungan Pemkab Pemalang,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Jumat (12/8/2022).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

KPK juga mengamankan sejumlah uang tunai dalam bentuk rupiah dalam OTT kali ini. Namun jumlah uang yang diamankan masih dihitung.

“Diamankan juga sejumlah uang tunai dalam bentuk rupiah dan bukti lainnya sebagai barang bukti dalam kegiatan tangkap tangan dimaksud,” jelas Ali.

“Jumlahnya masih terus diklarifikasi kepada pihak-pihak yang ditangkap,” lanjutnya.

Ali menjelaskan penyelidik masih melakukan pemeriksaan terhadap 34 orang yang kena OTT. Mereka akan dimintai keterangan dan klarifikasi terkait OTT.

“Saat ini, tim KPK masih terus melakukan permintaan keterangan dan klarifikasi kepada para pihak yang diamankan dimaksud,” tutur Ali.

Ali mengatakan OTT ini terkait dugaan suap jual beli jabatan. Dia mengatakan konstruksi kasus bakal disampaikan secara lengkap dalam konferensi pers.

“Dugaan suap ini diduga terkait dengan jual beli jabatan di lingkungan Pemkab Pemalang,” ujar Ali.

Kini, ke-34 orang itu masih berstatus sebagai terperiksa. KPK punya waktu 1×24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang ditangkap itu.

Lihat juga Video: Suasana Kantor Pemkab Pemalang usai Bupati Kena OTT, Ruangan Disegel

[Gambas:Video 20detik]

(haf/haf)