Kabar Terbaru Kasus Brigadir J: Kronologi dan Dugaan Motif Pembunuhan

Jakarta

Kabar terbaru kasus Brigadir J kali ini berkaitan dengan kronologi hingga motif pembunuhan pada Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Seperti kita ketahui, Brigadir J tewas ditembak pada Jumat (8/7/2022).

Polisi pun telah menetapkan sejumlah tersangka, salah satunya Irjen Ferdy Sambo. Berikut ini sederet informasi baru terkait kasus Brigadir J.

Kronologi pembunuhan terhadap Brigadir J berawal sejak tanggal 2 Juli 2022 di Magelang, Jawa Tengah, hingga sampai pada penembakan korban di rumah dinas Ferdy Sambo, di Duren Tiga, Jakarta Selatan. Keterangan itu dijelaskan oleh anggota Komisi III DPR RI Fraksi PAN Sarifuddin Sudding. Berikut rinciannya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

  • 2 Juli 2022
    Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, berangkat ke Magelang, Jawa Tengah. Putri didampingi oleh Brigadir J, Bharada Richard Eliezer, Brigadir Kepala Ricky Rizal, Kuat Ma’ruf, dan Susi. Putri datang ke Magelang untuk melihat anaknya yang bersekolah di sana.
  • 4 Juli 2022
    Ada saat di mana Putri tertidur di sofa. Kemudian, Yosua hendak memindahkan Putri ke dalam kamar. Namun, hal itu diurungkan Yosua lantaran dirinya dibentak oleh Kuat Ma’ruf.
  • 6 Juli 2022
    Ferdy Sambo menyusul rombongan Putri ke Magelang. Di sana, Sambo berencana untuk merayakan hari jadinya bersama Putri.
  • 7 Juli 2022
    Ferdy Sambo kembali ke Jakarta. Kemudian, Sambo menyebut jika ada perbuatan Yosua yang diduga melukai harkat dan martabat Putri. Hal itu itu terjadi pada tanggal 7 Juli sore hari di Magelang.
  • 7 Juli 2022
    Masih pada tanggal 7 Juli 2022 sekitar pukul 17.30 WIB di Magelang, Kuat Ma’ruf memergoki dan menegur Brigadir J yang keluar dari kamar Putri. Kemudian, ia mendengar Putri menangis di dalam kamarnya.
  • 7 Juli 2022
    Kuat Ma’ruf menyarankan Putri agar melaporkan apa yang dialaminya itu kepada Ferdy Sambo. Malam hari itu juga, pukul 23.00 WIB, Putri menelepon suaminya Ferdy Sambo sambil menangis. Namun, Putri tidak menjelaskan apa yang telah dia alami itu secara detail.
  • 8 Juli 2022
    Putri dan rombongan kembali ke Jakarta dari Magelang. Mereka berangkat menggunakan jalur darat hingga tiba di Jakarta pada sore hari. Saat tiba di rumah pribadi di Jalan Saguling, Jakarta Selatan, Putri menceritakan kepada Irjen Sambo tentang apa yang telah dilakukan oleh Yosua kepada dirinya.
  • 8 Juli 2022
    Mendengar cerita dari istrinya itu, Sambo murka. Terjadilah pembunuhan terhadap Brigadir J di rumah dinas Ferdy Sambo di Duren Tiga, Jakarta Selatan.
kabar terbaru kasus brigadir j berkaitan dengan kronologi hingga motif pembunuhan pada brigadir nofriansyah yosua hutabarat atau brigadir j. cek selengkapnya.Kabar terbaru kasus Brigadir J, tersangka Ferdy Sambo jalani sidang etik. (Foto: Tangkapan layar YouTube POLRI TV RADIO)

Dugaan Motif Pembunuhan Brigadir J: Perselingkuhan atau Pelecehan Seksual

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebutkan motif pembunuhan berencana terhadap Brigadir J. Ada dua motif yang sedang didalami, pelecehan seksual dan perselingkuhan.

“Motif ini dipicu adanya laporan dari Ibu PC terkait dengan masalah-masalah yang terkait masalah kesusilaan. Jadi mungkin ini juga untuk menjawab bahwa isunya pelecehan atau perselingkuhan. Ini sedang kami dalami,” uca Sigit dalam rapat bersama Komisi III DPR, Rabu (24/8/2022).

Sigit memastikan tidak ada motif lain selain kedua hal yang disebutkan.

“Jadi tidak ada isu di luar itu dan ini tentunya akan kami pastikan besok setelah pemeriksaan terakhir,” lanjut Sigit.

Ferdy Sambo Terancam Diberhentikan Secara Tidak Hormat

Irjen Ferdy Sambo menjalani sidang etik pada Kamis (25/8/022) terkait kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J. Ferdy Sambo terancam sejumlah sanksi hingga paling tinggi adalah pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) alias dipecat dari Polri.

Sidang etik ini digelar untuk menentukan sanksi terhadap Ferdy Sambo. Berdasarkan Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 tentang Kode Etik Profesi dan Komisi Kode Etik Kepolisian Negara Republik Indonesia (KEPP), Ferdy Sambo terancam sanksi etika dan sanksi administratif.

Istri Ferdy Sambo Akan Diperiksa Sebagai Tersangka Pembunuhan Brigadir J

Kabar terbaru kasus Brigadir J lainnya adalah pemeriksaan terhadap Istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, sebagai tersangka kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J. Pemeriksaan akan dilakukan di Bareskrim Mabes Polri Jumat (26/8) pukul 10.00 WIB.

“Di Bareskrim. Besok jam 10-an diundang untuk diperiksa dalam kapasitas sebagai tersangka di Bareskrim,” ungkap Kadiv Humas Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Kamis (25/8/2022).

Dedi mengatakan, sebelum diperiksa, akan dilakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu, baik fisik maupun psikis. Jika memenuhi syarat, pemeriksaan akan dilanjutkan.

“Sama SOP-nya, sebelum dia nanti dimintai keterangannya, tentunya standar kesehatannya diperiksa kesehatannya dilakukan, baik dari sisi fisik maupun psikisnya. Kalau misalkan dari kesehatan psikisnya memenuhi syarat untuk dimintai keterangan, ya tetap dimintai keterangan,” ucap Dedi.

(kny/imk)