Kapal Glory Mary Angkut 202 Penumpang Kandas di Talaud Sulut

Jakarta

Kapal Motor (KM) Glory Mary kandas di perairan Moronge Pulau Salibabu, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut). Kapal itu mengangkut 202 penumpang.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksma TNI Julius Widjojono mengatakan kapal itu kandas pagi tadi pukul 05.00 Wita, Selasa (23/8/2022). Jumlah ABK yang berada di kapal 17 orang dan penumpang 202 orang.

“Pada Selasa, 23 Agustus 2022, pukul 05.00 Wita, KM Glory Mary dengan rute pelayaran Manado-Lirung-Melonguane-Beo PP, mengalami kandas di perairan Moronge Pulau Salibabu, Kabupaten Kepulauan Talaud,” kata Julius dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Selasa (23/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kapal ini dinakhodai oleh Kapten Alprens Harimisa. Lokasi kandasnya KM Glory Mary berada di titik Koordinat 3° 54’548 Lintang Utara (LU) dan 126° 43’355 Bujur Timur (BT) atau di sekitar Perairan Moronge Pulau Salibabu, Kepulauan Talaud.

Penyebab Kandas

Dia mengatakan KM Glory Mary kandas di perairan Moronge Pulau Salibabu karena cuaca buruk. Nakhoda mengalami gangguan jarak pandang ke darat hingga akhirnya kapal kandas.

“Adapun penyebab terjadinya kapal kandas adalah cuaca buruk, visualisasi ke darat terganggu karena hujan dan kabut,” ucapnya.

Julius mengatakan saat ini penumpang sedang dievakuasi dengan menurunkan Tim SFQR Searider 250, serta tim Kesehatan untuk evakuasi penumpang dibantu oleh TNI/Polri dan masyarakat setempat setempat.

Sedangkan evakuasi melalui buritan oleh ABK kapal dengan menggunakan speed boat. Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini.

“Korban jiwa nihil,” tegasnya.

Lihat juga video ‘Bawa 100 Tamu, Kapal Pesta Pernikahan di Pakistan Terbalik!’:

[Gambas:Video 20detik]

(zap/jbr)