Kapolres Jaksel Nonaktif Dimutasi, Dulu Bicara Sesuai Skenario Sambo

Jakarta

Kapolres Jakarta Selatan nonaktif Kombes Budhi Herdi Susianto sudah dimutasi ke unit Pelayanan Markas (Yanma) Polri. Dulu, Kombes Budhi termasuk salah satu pihak awal yang berbicara ke publik soal kasus ‘polisi tembak polisi‘. Belakangan diketahui, keterangan Kombes Budhi saat itu hanyalah cerita skenario Irjen Ferdy Sambo.

Peristiwa ‘polisi tembak polisi’ terjadi di rumah dinas Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri saat itu, Irjen Ferdy Sambo, di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, 8 Juli 2022.

Kombes Budhi menyampaikan keterangan ke publik pada 12 Juli. Budhi mengatakan peristiwa di rumah Sambo adalah peristiwa baku tembak antara Bharada Richard Eliezer (Bharada E) versus Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J). Baku tembak itu dimenangi Bharada E yang membela diri.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ceritanya, menurut Budhi saat itu, Bharada E mendengar suara teriakan dari istri Sambo, Putri Candrawathi. Dia mengatakan teriakan itu keluar dari mulut Putri karena dilecehkan oleh Brigadir J.

“Brigadir J pada saat masuk tadi ke ruang Ibu pada saat akan sesaat setelah melakukan pelecehan, dia juga sempat menodongkan senjata ke kepala Ibu Kadiv,” kata Budhi saat itu.

Bharada E kemudian turun dari lantai 2 ke kamar Putri dan bertanya soal apa yang terjadi ke Brigadir J. Pertanyaan Bharada E dijawab Brigadir J dengan tembakan.

“Pada saat itu tembakan yang dikeluarkan atau yang dilakukan saudara J tidak mengenai saudara RE hanya mengenai tembok sehingga saudara RE berlindung di balik tangga yang arah naiknya. RE mengeluarkan senjata yang ada di pinggangnya. Nah ini kemudian terjadi penembakan di mana beberapa kali, kalau kita lihat dari TKP kami menemukan ada bekas tembakan,” ucap Budhi saat itu.

Budhi juga sempat mengatakan bahwa Bharada E jago menembak. “Bharada RE ini sebagai pelatih vertical rescue dan di resimen pelopornya dia sebagai tim penembak nomor satu kelas satu di resimen pelopor,” ujar Budhi saat itu.

Ternyata itu semua hanya cerita skenario Sambo yang disampaikan tanpa olah TKP yang profesional. Simak paragraf selanjutnya:

Saksikan juga ‘Saat Kapolda Metro Tunjuk Kombes Yandri Irsan Jadi Plt Kapolres Jaksel’:

[Gambas:Video 20detik]