Kapolri Pastikan Polisi yang Hedon Akan Langsung Diproses

Jakarta

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa jajaran dengan pola hidup hedonistik akan diproses. Sigit menyebut masalah hedonisme itu sudah diatur dalam Peraturan Kapolri.

“Terkait dengan pola hedonis, terima kasih, Pak, bahwa kami mendapatkan masukan. Sebenarnya kami juga sudah mengeluarkan perkap dan juga STR dari Propam terkait dengan masalah hedonis ini,” kata Sigit dalam rapat dengar pendapat Komisi III DPR dengan Kapolri di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (24/8/2022).

Sigit menilai pola hidup hedonistik masih terjadi meskipun sudah ada aturan mengenai hal itu. Dia berharap anggota DPR untuk menginformasikan kepada Polri jika masih ditemukan jajaran yang hedonistik.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Dan saya kira terhadap hal seperti ini tolong Pak, kami diinfokan karena memang ini sudah diatur bahwa kalau pola ini masih dilakukan kita sudah punya aturannya dan mereka bisa kita proses di dalam peraturan kami terkait dengan pelanggaran terhadap ketentuan-ketentuan yang memang kita atur,” kata dia.

Dia menambahkan bahwa Propram melakukan patroli setiap hari. Sigit mengatakan pihaknya akan langsung menindak anggota yang hedonistik.

“Jadi memang ini terus dilakukan oleh Propam untuk melaksanakan patroli setiap hari, karena kita juga sering mendapatkan masukan terkait dengan masalah-masalah seperti ini dan hal-hal tersebut langsung kami proses,” sebutnya.

Sigit menyadari bahwa Polri tak bisa melakukan mengawasi sendiri. Karena itu, Sigit meminta agar warga melaporkan jika ada jajaran yang hedonistik.

“Namun demikian kami tidak mungkin mengawasi sendiri, kami juga butuh masukan dari masyarakat dan terhadap informasi-informasi tersebut tentunya kami akan tindak lanjuti, dan terima kasih apabila ada laporan-laporan, artinya kami merasa bahwa masyarakat mencintai institusi Polri dan ingin agar Polri menjadi lebih baik. Tentunya hal-hal tersebut akan menjadi atensi kami ke depan,” jelasnya.

Johan Budi Soroti Istri Kapolres Jaksel Hedonistik

Anggota Komisi III DPR Fraksi PDIP Johan Budi sebelumnya menyoroti gaya hidup hedonistik pejabat-pejabat polisi di polres hingga polsek saat rapat kerja bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Johan Budi bahkan mengungkap ada istri kapolres yang pamer sepeda seharga Rp 300 juta.

“Ini yang menjadi keprihatinan saya, Pak Listyo Sigit. Saya beberapa kali ke dapil, Pak, tadi sempat juga diungkap oleh Pak Adies dan oleh beberapa rekan. Sekarang saya lihat polisi-polisi yang di bawah ini, Pak, kapolres, kapolsek, mulai menikmati hidup hedon, Pak,” kata Johan Budi saat rapt di gedung MPR/DPR, Jakarta, Rabu (24/8).

Johan Budi menyebut bukan hanya kapolres dan kapolseknya yang pamer. Menurutnya, istri kapolres dan kapolsek bahkan memamerkan harta kekayaan.

“Jadi kalau bukan kapolresnya, kapolseknya, istrinya, Pak, di medsos, pamer sepeda harga Rp 300 juta dan lain sebagainya, Pak. Ini menyakitkan, Pak,” ucapnya.

Simak Video ‘Johan Budi Sentil Kapolres-Istri Hedon di Depan Kapolri’:

[Gambas:Video 20detik]

(lir/imk)