Kapolri Tegaskan Komitmen Terus Berbenah, Contohkan Kasus Brotoseno

Jakarta

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan komitmennya untuk memperbaiki internal Polri. Sigit ingin Polri terus berubah untuk menjawab keinginan masyarakat.

“Terkait dengan upaya-upaya kami untuk terus memperbaiki. Sebenarnya di dalam Perpol kami itu, kita juga melakukan perubahan-perubahan untuk bisa mengikuti apa yang menjadi keinginan masyarakat,” kata Sigit dalam rapat bersama Komisi III DPR, Rabu (24/8/2022).

Sigit mencontohkan kasus Brotoseno yang kini telah dipecat. Menurut Sigit, Polri telah berbenah dengan melakukan peninjauan kembali terhadap proses etik Brotoseno berdasarkan laporan dari masyarakat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Sebagai contoh beberapa waktu yang lalu, terkait kasus dengan Brotoseno yang muncul. Kami kemudian mencoba mengubah Perpol sehingga kita bisa melakukan peninjauan kembali terhadap peristiwa-peristiwa yang menciderai rasa keadilan masyarakat, sehingga kemudian kasus Brotoseno bisa kita sidangkan kembali daan saat ini sudah kita laksanakan PTDH,” ujar Sigit.

“Jadi hal-hal tersebut menjadi beberapa langkah dan upaya kami untuk terus melakukan perbaikan pada institusi Polri,” sambung Sigit.

Brotoseno Dipecat

Polri sebelumnya mengumumkan hasil sidang peninjauan kembali (PK) terharap putusan etik AKBP Brotoseno. Berdasarkan hasil sidang PK, AKBP Brotoseno resmi mengakhiri masa dinasnya di Polri usai menerima keputusan Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH).

“Berdasarkan hasil PK atas nama AKBP Brotoseno yang dilaksanakan pada Hari Jumat tanggal 8 Juli 2022 pukul 13.30 WIB memutuskan untuk memberatkan sidang Komisi Kode Etik Polri tanggal 13 Oktober 20220 menjadi sanksi administratif berupa PTDH sebagai anggota Polri,” ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Nurul Azizah saat konferensi pers, Kamis (14/7).

Seperti diketahui, Komisi Peninjauan Kembali (PK) untuk melakukan PK atas putusan sidang etik AKBP Brotoseno telah disahkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono ditunjuk menjadi pimpinan sidang PK terhadap putusan etik Brotoseno. Komisi PK tersebut diketahui disahkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada 29 Juni 2022.

“Bapak Kapolri menunjuk sebagai pimpinan sidang nantinya, sidang KKEP PK terhadap Saudara AKBP BS adalah Bapak Wakapolri,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Rabu (29/6).

Simak Video ‘Legislator PAN Soroti Judi Online: Pak Sigit Kebagian Cuci Piringnya’:

[Gambas:Video 20detik]

(knv/imk)