Kata Polisi soal Pelat BG *** 7 UB Mobil Anggota DPRD Palembang Aniaya Wanita

Palembang

Pelat mobil anggota DPRD Palembang, MS, yang dilaporkan menganiaya wanita, Tata (31), saat mengantre bahan bakar di SPBU menjadi sorotan. Terdapat lambang bintang tiga di bagian tengah pelat mobil itu, yakni BG *** 7 UB.

“Kalau dari logonya ada bintang tiga ya peruntukannya pasti untuk kendaraan dinas jenderal, baik dari TNI maupun Polri. Dan itu juga dikeluarkan dari masing-masing kesatuannya,” kata Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sumsel Kompol Endro Ari Wibowo, seperti dilansir detikSumut, Rabu (24/8/2022).

Menurutnya, untuk warga sipil, Polri telah mengeluarkan pelat nomor khusus yang telah dirilis dan diterapkan di Sumsel tahun ini dengan warna dasar putih dan tulisan angka dan huruf hitam. Sedangkan tahun-tahun sebelumnya berwarna dasar hitam dengan tulisan putih.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Kalau untuk kendaraan milik warga sipil kan dari Polri sudah ada standar spec-nya (spesifikasi). Baru diterapkan tahun ini di Sumsel pelat dengan warna dasar putih dan tulisannya hitam. Kalau tahun sebelumnya, itu kebalikannya warna dasar hitam dengan tulisan putih,” ungkap Endro.

Dia memastikan, jika ada bentuk atau spesifikasi pelat nomor kendaraan warga sipil berbeda dari yang dia sebutkan tadi, itu merupakan suatu pelanggaran lalu lintas.

“Kalau ada spec yang lain berarti itu bukan terbitan dari Polri, kemudian kalau memang itu dipakai untuk kendaraan sipil biasa tentu akan berhadapan dengan anggota (Polisi Lalu Lintas) yang ada di jalan, begitu,” jelasnya.

Baca selengkapnya di sini

(idh/imk)