Kejati Banten Sita Sebidang Tanah Milik Tersangka Korupsi di Bank Banten

Jakarta

Tim penyidik dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten menyita aset milik Rasyid Samsudin, tersangka korupsi terkait kredit investasi dan kredit modal kerja di Bank Banten tahun 2017 senilai Rp 65 miliar. Tersangka adalah pihak swasta selaku Direktur Utama PT HNM.

Kasi Penkum Kejati Banten Ivan H Siahaan mengatakan tim penyidik menyita aset pada Senin (22/8) kemarin berupa tanah. Tim juga sempat menggeledah rumah tersangka di Tangerang Selatan (Tangsel).

“Penyitaan barang bukti milik tersangka RS, satu bidang tanah dan penggeledahan di Jalan Prima Bintaro di Pondok Aren,” kata Ivan dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (23/8/2022).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Tanah milik tersangka yang disita terletak di Jalan Witana Harja, Pamulang Baru, Kecamatan Pamulang, Tangsel. Sedangkan penggeledahan di rumah Rasyid, penyidik membawa sejumlah dokumen yang berhubungan dengan kredit investasi dan kredit modal kerja di Bank Banten.

Penyitaan aset itu berdasarkan surat perintah Kajati Nomor:Print-720/M.6/Fd.1/07/2022 tertanggal 08 Juli 2022. Penggeledahan berdasarkan surat izin penggeledahan dari Pengadilan Negeri Tangerang Nomor: 40/Pen.Pid.Ijin.Geledah/2022/PN.Tng.

“Bahwa terhadap penyitaan barang bukti milik tersangka RS dan dokumen hasil penggeledahan akan dijadikan barang bukti dalam perkara dimaksud,” ucapnya.

Kejati sendiri telah menetapkan tersangka lain pada kasus ini, yaitu mantan Plt Pimpinan Cabang Bank Banten DKI Jakarta Satyavadin Djojosubroto. Ia adalah mantan pegawai yang menyetujui pemberian kredit modal kerja dan kredit investasi ke PT HNM untuk pembangunan Tol Pematang Panggang-Kayu Agung di Palembang.

Kredit ini dilakukan sebanyak dua kali. Pertama, Rp 39 miliar pada Mei 2017 dan komite kredit kemudian menyetujui nilai sebanyak Rp 30 miliar. Kedua, PT HNM kemudian mengajukan kembali kredit senilai Rp 35 miliar. Padahal kredit pertama yang disetujui belum ada pelaksanaan kewajiban dari perusahaan swasta itu.

(bri/fas)