Kepala BPIP Ingatkan Paskibraka untuk Jadi Role Model di Masyarakat

Jakarta

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi meminta kepada seluruh Pasukan Paskibraka tingkat pusat tahun 2022 untuk menjadi role model dalam mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila di era digital. Menurutnya, Paskibraka adalah generasi penerus bangsa.

“Adik-adik adalah generasi penerus bangsa harus menjadi contoh masyarakat, terutama di era digital saat ini,” ucap Yudian dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu (7/8/2022).

Saat memberikan arahan kepada 68 Paskibraka tingkat pusat tahun 2022, ia mengatakan calon Paskibraka berhak untuk menjadi pemimpin bangsa, sehingga didorong agar tetap semangat dalam belajar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Adik-adik berhak menjadi pemimpin, jadi adik-adik terus semangat untuk belajar,” tutur Yudian.

Menurutnya, dalam sejarah Paskibraka dibentuk sebagai representasi dari perwakilan generasi muda yang beragam di seluruh pelosok Indonesia yaitu saat Sumpah Pemuda. “Kita harus bertindak juga mengerti dan melaksanakan nilai-nilai yang digali dari adat budaya luhur bangsa ini,” ungkapnya.

Yudian menjelaskan Paskibraka adalah spirit persatuan sekaligus keberagaman di Indonesia. Keberadaannya untuk mengibarkan bendera pusaka ini jadi bukti pemuda adalah komponen terbaik untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan melalui Pancasila.

“Kemerdekaan untuk berprestasi, mengaktualisasikan diri secara positif dan mampu menunjukkan kualitas dan teladan Indonesia di mata dunia,” kata Yudian.

Ia berharap Paskibraka bisa menyebarkan konten positif. Keberadaannya juga tidak semata-mata sebagai pasukan Pengibar Bendera saja, namun juga bergerak dan bermanfaat bagi masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama Anggota Dewan Pengarah BPIP Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya mengajak para Paskibraka untuk menjadi Pahlawan Masa Depan Bangsa Indonesia.

Mantan Danjen Kopassus ini mengajak para paskibraka memiliki sikap dasar jujur dan berani, ulet tangguh disiplin, hayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, memiliki jati diri bangsa Indonesia, bersatu konsekuen dan konsisten.

“Kalian harus menjadi Pahlawan Masa Depan. Karena itu kalian harus memiliki sikap seperti yang di atas, sebagai pondasinya,” tandasnya.

Ia juga menyampaikan harapannya bila Paskibraka ingin menjadi pahlawan nasional, maka mereka harus disiplin. “Saya ingin kalian harus disiplin, dan bersih hati, bersih pikiran dan tindakan, beretika, bermoral serta hati-hati dengan medsos, tuturnya agar bisa berkompetisi pada era global ini,” urainya.

Ia juga menegaskan agar generasi muda betul-betul mencintai bangsa Indonesia dan mengamalkan Pancasila sebagai falsafah berbangsa dan bernegara.

“Cintai Indonesia, kibarkan Merah Putih di manapun kapanpun kamu berada,” ujarnya.

Simak juga ‘Kala Jokowi Ingin Pancasila Bisa ‘Dibumikan' dengan Cara Kekinian':

[Gambas:Video 20detik]

(ncm/ega)