Kepala DPU : Bupati Ahmad Husein Bapaknya Infrastruktur Banyumas

sibnews.info, Purwokerto – Jajaran Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Banyumas memperingati Hari Bakti ke-76 dengan mengusung tema “Tahun Bakti PUPR Membangun Negeri” yang digelar di Aula Kantor Dinas Pekerjaan Umum, Jumat (3/12). Momentum Hari Bakti ke-76 Bakti PUPR merupakan pengingat bagi jajaran Dinas Pekerjaan Umum agar terus bekerja sama dalam menyelesaikan pembangunan infrastruktur yang ada di Kabupaten Banyumas.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum DPU Kabupaten Banyumas Dr Ir Irawadi CES mengatakan pada tahun 2021 Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Banyumas menerima anggaran Rp312 miliar yang terbagi dalam 16 program dan 17 kegiatan, namun dalam perjalanannya memang ada refocusing tapi hanya sekitar Rp4,24 miliar tidak sampai 1%.

“Pembangunan terbesar ada pada proyek PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) hampir Rp140 miliar, sisanya untuk peningkatan jalan yang juga prioritas, pemeliharaan jalan, peningkatan pemeliharaan Sumber Daya Air Irigasi, serta pemeliharaan gedung pemerintah daerah,” katanya.

Irawadi menambahkan pada tahun 2022 pihaknya juga mendapatkan kepercaayaan dari Bupati Banyumas untuk melaksanakan infrastruktur dibidang pembangunan jalan sekitar Rp107 miliar untuk 26 ruas jalan dan jembatan, pemeliharaan jalan Rp12,24 miliar, SDA irigasi Rp17 miliar, drainase Rp1,5 miliar dan penataan bangunan Rp49,75 miliar.

Jika dibandingkan antara tahun 2021 dengan 2022, lanjut Irawadi, tidak terjadi penurunan, padahal kondisi sekarang masih pandemic. Optimis di tahun depan bisa menangani covid 19 sehingga infrastruktur tidak terganggu.

“Bapak Bupati tetap memprioritaskan infrastruktur, terutama yang langsung kepada masyarakat. Jadi layak pada saat Hari Bakti PU ini, kita sebut sebagai Bapaknya infrastruktur Banyumas,” ungkap Irawadi saat memberikan laporan di hadapan Bupati Banyumas.

Sementara itu, Bupati Banyumas Ahmad Husein sangat mengapresiasi atas kinerja dinas PU yang telah melaksanakan perencanaan, mengaplikasikannya, mengawasi sesuai dengan aturan yang ada, sehingga tidak ada permasalahan hukum dalam proyek-proyek pembangunan di Kabupaten Banyumas. Bupati mengingatkan poin-poin penting yang perlu diperhatikan terkait dengan perencanaan pembangunan infrastruktur.

“Perencanaan, harus berpandangan luas ke depan, bagaimana dampak serta akibatnya, jangan sepotong sepotong, selain itu juga pentingnya koordinasi antara pusat, daerah, serta dengan lingkungan sekitar infrastruktur yang akan dibangun. Kemudian kuasai lingkungan, cek lapangan, amati bagaimana keadaanya apakah cocok. Harus direncanakan secara matang,” ungkapnya.

Pada acara tersebut juga ditandatangi pakta integritas para pejabat dilingkungan Dinas PU, termasuk Kepala Dinas PU dengan Bupati Banyumas.

Acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada staf tergiat Dinas Pekerjaan Umum dan pemberian materi Capacity Building yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banyumas, Ir. Wahyu Budi Saptono, MSi. | Humas Pemkab Banyumas | (F12)*