Ketua Komnas HAM Taufan Damanik Pamitan ke Komisi III DPR

Jakarta

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengatakan tidak mencalonkan diri dan tidak mengikuti proses seleksi calon komisioner Komnas HAM Periode 2022-2027. Taufan pun berpamitan kepada pimpinan dan anggota Komisi III DPR RI.

Awalnya, Ahmad Taufan Damanik menyerahkan laporan tahunan Komnas HAM kepada pimpinan Komisi III DPR RI. Taufan juga menyerahkan laporan panitia seleksi calon komisioner Komnas HAM 2022-2027.

“Saya kira sebelum saya mengakhiri, Pak, saya mohon izin untuk menghadap Pak Ketua. Ada dua laporan yang ingin saya sampaikan, pertama laporan tahunan kami. Secara simbolik akan saya sampaikan,” kata Taufan saat rapat dengan Komisi III DPR RI, Kamis (25/8/2022).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Yang kedua, ini sangat penting, Pak, adalah laporan panitia seleksi calon komisioner Komnas HAM 2022-2027, sudah disampaikan kemarin secara resmi melalui surat dan sekarang ingin saya sampaikan secara langsung kepada pimpinan secara simbolik,” imbuhnya.

Taufan menyerahkan kedua laporan tersebut kepada Wakil Ketua Komisi III DPR Pangeran Khairul Saleh. Dua laporan itu pun diterima oleh Pangeran mewakili Komisi III DPR.

Setelah duduk kembali di kursi, Taufan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pimpinan dan anggota Komisi III DPR atas kerja sama selama ini.

“Terima kasih, Pak. Sekaligus saya kira sebagai saya pribadi juga saya ingin menyampaikan terima kasih pada seluruh pimpinan dan anggota Komisi III karena saya, termasuk yang tidak mencalonkan diri, Pak. Jadi mungkin ini sekaligus pamitan saya kepada Bapak-Ibu semua. Terima kasih atas dukungannya selama ini, lima tahun saya menjadi Ketua Komnas HAM,” ujar Taufan.

14 Calon Anggota Komnas HAM Akan Ikuti Uji Kelayakan di DPR

Panitia seleksi (pansel) Komnas HAM mengumumkan 14 calon anggota Komnas HAM periode 2022-2027 untuk mengikuti uji kelayakan di DPR RI. Ke-14 calon anggota tersebut akan diseleksi menjadi tujuh orang.

“Menetapkan 14 nama anggota untuk diajukan uji kelayakan di DPR RI. Para calon anggota yang terpilih telah melalui lima tahapan seleksi, yakni administrasi, tes tertulis objektif, dan penulisan makalah, dialog publik, psikotes, wawancara, dan tes kesehatan,” kata Ketua Pansel CAKH Komnas HAM 2022-2027 Makarim Wibisono di kantornya, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (23/8).

Berikut ini daftar 14 nama yang akan mengikuti uji kelayakan di DPR:
1. Abdul Haris Semendawai
2. Amiruddin Al Rahab
3. Anis Hidayah
4. Antonio Pradjasto Hardojo
5. Atnike Nova Sigiro
6. Beka Ulung Hapsara
7. Chrisbiantoro
8. Hari Kurniawan
9. Prabianto Mukti Wibowo
10. Pramono Ubaid Tanthowi
11. Putu Elvina
12. Rita Serena Kolibonso
13. Saurlin P Siagian
14. Uli Parulian Sihombing

Simak juga Video: Respons Komnas HAM atas Hasil Autopsi Ulang Brigadir J

[Gambas:Video 20detik]

(nhd/gbr)