Kombes Budhi Ikhlas Dinonaktifkan: Saya Yakin Ini Ujian dari Allah SWT

Jakarta

Kombes Budhi Herdi Susianto telah dinonaktifkan dari jabatan Kapolres Metro Jakarta Selatan terkait penyelidikan kasus tewasnya Brigadir Yoshua Hutabarat atau Brigadir J. Budhi mengaku menerima keputusan itu secara ikhlas.

Budhi tidak banyak berkomentar perihal penonaktifkannya jabatannya itu. Dia mengatakan keputusan itu akan dijalaninya dengan lapang dada.

“Saya yakin ini ujian dari Allah SWT untuk menaikkan derajat hamba-Nya yang sabar dan ikhklas dalam menghadapinya. Amin YRA,” kata Budhi saat dihubungi, Sabtu (23/7/2022).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam acara pelepasan terakhirnya sebagai Kapolres Metro Jakarta Selatan, Budhi pun telah memberikan salam perpisahan kepada seluruh jajaran Polres Metro Jakarta Selatan. Budhi mengaku akan tetap setia pada perintah pimpinan.

“Sebagai prajurit sebagai anggota Satya Haprabu, demi merah putih dan demi Polri yang kita cintai ini. Kebijakan dari pimpinan. Karena saya yakin perintah yang beliau keluarkan pasti sudah melalui pertimbangan yang panjang,” ujar Budhi dalam sebuah video yang diterima detikcom, Jumat (22/7).

Video itu diambil saat acara pelepasan terakhir di Mapolres Metro Jakarta Selatan pada Kamis (21/7) pagi. Dalam video tersebut, Budhi dengan ikhlas melepaskan jabatannya.

“Karena semua ini hanya titipan, termasuk hidup kita di dunia ini hanya sementara. Kalau Allah sudah berkehendak, ‘kun fa yakun’ apapun yang terjadi, terjadilah,” ungkapnya.

Di akhir video, terlihat Budhi memberi pelukan hangat ke sejumlah anggotanya. Tak lupa dia juga menepuk pundak anggotanya sebagai bentuk salam perpisahan.

Jabatan Kapolres Metro Jakarta Selatan sementara ini dijabat oleh Kombes Yandri Irsan. Kombes Yandri sebelumnya menjabat sebagai Direktur Pamobvit Polda Metro Jaya.

Kapolri Nonaktifkan Sejumlah Pejabat

Diketahui, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menonaktifkan Kepala Biro Pengamanan Internal (Karo Paminal) Divpropam Polri Brigjen Hendra Kurniawan dan Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto. Penonaktifan itu dilakukan agar penyelidikan kasus Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat berjalan objektif dan transparan.

“Menonaktifkan Karo Paminal, kedua dinonaktifkan adalah Kapolres Jaksel, Kombes Pol Budhi Herdi,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di kantornya, Rabu (20/7).

Dia mengatakan penonaktifkan Karo Paminal Divpropam dan Kapolres Metro Jaksel itu untuk menjaga independensi Polri. Pengganti Kapolres Metro Jaksel segera ditunjuk oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil.

Simak juga ‘Karo Paminal dan Kapolres Jaksel Dinonaktifkan’:

[Gambas:Video 20detik]

(ygs/mei)