Komisi III DPR dan Kapolri Rapat 10 Jam soal Sambo, Ini Kesimpulannya

Jakarta

Rapat Komisi III DPR bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sudah selesai pada hari ini. Rapat yang membahas khusus soal kasus penembakan Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J yang melibatkan eks Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo ini berjalan selama kurang lebih 10 jam.

Pantauan detikcom, Rabu (24/8/2022) pukul 20.22 WIB, Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul selaku pimpinan menutup rapat itu. Rapat berakhir dengan kesimpulan dan closing statement oleh Jenderal Sigit.

Ini kesimpulan lengkap rapat Komisi III DPR dan Kapolri soal kasus Sambo:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

1. Komisi III DPR RI mendukung secara penuh Kapolri dalam penanganan perkara tindak pidana dalam peristiwa Duren Tiga secara profesional, transparan dan akuntabel.

2. Komisi III DPR RI mendesak Kapolri untuk melakukan perbaikan sistem, reformasi kultural dan struktural di tubuh Polri secara terencana, terukur, objektif, prosedural dan akuntabel.

Kesimpulan itu dirumuskan dan disepakati oleh Komisi III DPR dan Jenderal Sigit. Bambang Pacul mengetuk palu menandakan kesepakatan atas kesimpulan tersebut.

Selanjutnya, Bambang Pacul mempersilakan Jenderal Sigit menyampaikan pernyataan penutup atau closing statement.

Jenderal Sigit menyampaikan terima kasih atas rekomendasi yang diberikan Komisi III DPR. Dia berkomitmen mewujudkan perbaikan di tubuh Polri.

“Yang terhormat Bapak pimpinan Komisi III juga serta seluruh mitra kerja Komisi III. Tentunya kami sangat berterima kasih mendapatkan kesempatan dan kemudian mendapatkan rekomendasi yang tentunya akan kami tindaklanjuti. Ini merupakan bentuk komitmen kami untuk terus mendengarkan kritik, saran, harapan, aspirasi dan persepsi untuk membuat Polri menjadi lebih baik dan tentunya kami sangat berterima kasih atas apresiasi dan dukungan,” kata Jenderal Sigit.

“Kami berharap Polri bisa kembali segera pulih dan tentunya pekerjaan-pekerjaan besar yang harus kami tangani. Dalam kesempatan ini kami sampaikan bahwa kami dalam posisi siap untuk melaksanakan kegiatan dan Polri solid,” sambungnya.

Untuk diketahui, Komisi III DPR menggelar rapat bersama Kapolri dan jajaran hari ini. Rapat berlangsung selama kurang lebih 10 jam sejak pukul 10.00 WIB.

Simak Video ‘Polri Dalami Motif Pembunuhan Brigadir J Terkait Pelecehan atau Perselingkuhan’:

[Gambas:Video 20detik]

(fca/aik)