Komnas HAM: Ferdy Sambo dan Bharada E Diperiksa Terpisah di Mako Brimob

Jakarta

Komnas HAM akan melakukan pemeriksaan terhadap mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo (FS) dan Bharada Richard Eliezer (E) pada hari ini. Ketua Komisioner Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengatakan pemeriksaan keduanya akan dilakukan secara terpisah.

“Nggak (digabung), bedalah (pertanyaannya dan tempatnya),” kata Taufan kepada wartawan di Komnas HAM, Jakarta Pusat, Jumat (12/8/2022).

Pantauan detikcom di Komnas HAM pukul 14.35 WIB, Ahmad Taufan Damanik, Choirul Anam, beserta Beka Ulung Hapsara berangkat menuju Mako Brimob, Depok, untuk meminta keterangan dan memeriksa FS dan E.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sebelumnya diketahui, Irjen Ferdy Sambo dan Bharada Richard Eliezer (RE atau E) dijadwalkan akan diperiksa Komnas HAM terkait kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J. Pemeriksaan dilakukan di Mako Brimob Polri, Depok.

“Agenda hari ini Komnas HAM rencana akan riksa Bharada E,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Jumat (12/8/2022).

Dedi mengatakan pemeriksaan di Mako Brimob itu diagendakan pada pukul 15.00 WIB. Diketahui, Irjen Ferdy Sambo dilakukan penahanan di Rutan Mako Brimob.

“Di Mako Brimob pukul 15.00 WIB,” katanya.

Komnas HAM Dalami Kebohongan Ferdy Sambo

Komnas HAM mengatakan akan mendalami kebohongan Ferdy Sambo terkait rekayasa cerita kematian Brigadir J.

“Nanti itu akan ditanya (didalami pengakuan Ferdy Sambo rekayasa cerita),” kata Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik kepada wartawan, Jumat (12/8/2022).

Taufan mengatakan akan turun langsung dalam pemeriksaan hari ini. Hal utama yang akan diperiksa adalah terkait konstruksi peristiwa.

“Yang kami periksa itu soal konstruksi peristiwa dan lainnya,” kata Taufan.

Namun Taufan belum dapat memastikan apakah dugaan pelecehan di kasus tersebut juga akan ditanyakan pada saat pemeriksaan. Menurutnya, yang terpenting adalah alur cerita sesungguhnya dari kasus tersebut.

(mae/mae)