Komnas HAM Gelar Sidang Paripurna Bahas Laporan Tim Kasus Munir

Jakarta

Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara, mengatakan sidang paripurna membahas kasus Munir akan digelar hari ini. Dia menyebut Komnas HAM bakal mendiskusikan laporan dari tim kasus Munir.

“Hari ini ada sidang paripurna khusus untuk mendiskusikan laporan tim Munir,” kata Beka di Komnas HAM, Jumat (12/8/2022).

Dia belum menjelaskan apa saja yang akan dibahas. Namun Ketua Tim Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM terkait kasus pembunuhan Munir ini menyebut laporan telah diselesaikannya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Hasilnya apa? Kita belum tahu. Yang jelas, kami sudah menyelesaikan (laporannya),” ujarnya.

Sementara itu, massa Komite Aksi Solidaritas untuk Munir (KASUM) mengatakan akan menunggu hasil sidang paripurna khusus kasus Munir ini.

“Kita tunggu,” ujar para aktivis kepada Beka.

Sebelumnya, KASUM menuntut janji Komnas HAM terkait kasus Munir. Massa KASUM pun mendatangi Komnas HAM untuk melakukan aksi simbolis.

Massa KASUM tampak berdiri di depan kantor Komnas HAM dengan membawa topeng wajah Munir sekaligus poster #MASIHINGAT.

“Pembunuhan Munir, Pelanggaran HAM Berat,” bunyi poster yang dibawa massa KASUM.

Sebagai pengingat, aktivis HAM Munir meninggal di pesawat Garuda dengan nomor GA-974 ketika sedang menuju Amsterdam untuk melanjutkan kuliah pascasarjana pada 7 September 2004. Awalnya, Pollycarpus diperiksa sebagai saksi.

Institut Forensik Belanda (NFI) membuktikan Munir meninggal akibat racun arsenik dengan jumlah dosis yang fatal. Pembunuhan Munir diduga dilakukan dengan cara meracuni makanannya.

Simak selengkapnya tentang kasus pembunuhan Munir di sini.

Lihat juga video saat ‘Gelar Rapat Penutupan Masa Sidang DPR, 274 Anggota Dewan Absen':

[Gambas:Video 20detik]

(haf/haf)